Layanan Kami - Mulya Jasa

ByAdmin

Pijakan kaki pada kloset duduk bikin BAB lancar

Benarkah pijakan kaki pada kloset duduk bikin BAB lancar? mari cari tahu!

Mereka yang sudah terbiasa menggunakan pijakan kaki ketika buang air besar di kloset duduk merasa jika, kloset jongkok memudahkan mereka untuk buang air besar dengan lancar. Hal ini karena posisi jongkok memang mempermudah ketika buang air besar.

Itu sebabnya, toilet duduk yang ditambahkan dengan pijakan kaki bisa membantu melancarkan BAB. Yaitu dengan mendorong feses ke usus besar jauh lebih baik. Penyebabnya lantaran ketika meletakkan kaki di pijakan kloset duduk, kaki membentuk posisi seperti berjongkok.

Pendapat ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University Wexner Medical Center dan College of Medicine.

Pijakan kaki pada kloset duduk bikin BAB lancar

Pijakan kaki pada kloset duduk bikin BAB lancar

Pada penelitian ini mengumpulkan sebanyak 52 responden yang  mengalami sembelit, diminta menggunakan toilet duduk dengan pijakan kecil untuk kaki mereka. Benda ini juga disebut sebagai squatty potty.

Para responden tersebut, kemudian diminta menggunakan alat itu selama waktu 1 bulan untuk dilihat perkembangannya dalam mengatasi sembelit.

Hasilnya menunjukkan 71 persen peserta melaporkan penggunaan squatty potty dapat membantu melancarkan BAB.

Sementara itu, 90 persen mengaku bahwa mereka tidak ngeden sebanyak biasanya.

Dua per tiga jumlah peserta bahkan menyatakan bahwa mereka akan terus menggunakan squatty potty untuk mempermudah keluarnya feses saat BAB.

“Studi ini menunjukkan bahwa alat pijakan kaki pada kloset duduk tersebut dapat membantu mempermudah melancarkan BAB dan mengurangi gejala sembelit, seperti kembung dan gerakan usus yang tidak kadang menimbulkan rasa tidak nyaman,” papar dr. Peter Stanich, asisten dosen bagian gastroenterologi, hepatologi, dan nutrisi di Pusat Medis Ohio State University Wexner Medical Center.

Pendapat ahli tentang pijakan kaki kloset duduk untuk melancarkan BAB

Selain dibuktikan dengan penelitian, ahli kesehatan lainnya juga ikut memberikan pendapat mereka mengenai potensi desain kloset dalam melancarkan buang air besar.

Dilansir dari laman Healthline, Hardeep Singh, seorang ahli gastroenterologi dari St. Joseph Hospital di California, mengatakan bahwa toilet dengan pijakan kaki bisa menjadi pilihan baik untuk mengatasi sembelit.

“Fungsi pijakan kaki pada toilet sangatlah sederhana dan efisien. Ketika menggunakan pijakan kaki di toilet duduk, terbentuk sudut antara lubang anus dan rektum.

Ini membuat otot di rektum jadi lebih rileks dan memungkinkan feses terdorong ke bawah dan keluar dengan lancar,” jelas Hardeep Singh.

Pendapat ini juga diamini oleh Dr. Jack Springer, seorang anggota American Board of Emergency Medicine.

“Alasan mengapa squatty potty berhasil adalah desain toiletnya yang dibuat berdasarkan anatomi dasar dan fisiologi tubuh manusia.

Sebelum adanya toilet duduk, orang-orang telah terbiasa untuk berjongkok saat BAB.

Pijakan kecil pada toilet tersebut membantu tubuh memposisikan diri seperti sedang berjongkok sehingga memudahkan buang air besar,” jelas Dr. Jack.

Tips lain untuk melancarkan buang air besar

Penggunaan pijakan kaki pada kloset duduk bikin BAB lancar, membantu feses keluar lebih mudah dan tanpa mengkonsumsi obat. Namun cara ini tentu bukanlah cara utama yang efektif. Gaya hidup sehat tentu menjadi kunci agar pencernaan tetap lancar.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa gaya hidup yang perlu diterapkan orang yang sering mengalami sembelit, antara lain : Perbanyak makan buah, sayur dan biji – bijian yang banyak mengandung serat. Serat berfungsi menyerap air sehingga feses jadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan dari tubuh. Untuk menyeimbangkan serat dalam tubuh, Anda juga harus minum air putih yang cukup.

Sempatkan diri untuk minum kapan dan di mana pun Anda berada. Mulailah rajin olahraga setiap hari dalam seminggu. Aktivitas fisik ini membantu melancarkan pergerakan usus. Jangan biasakan untuk menahan buang air besar.

Jika keinginan untuk BAB datang, segeralah pergi ke toilet dengan tenang. Perasaan tenang bisa membantu Anda buang air besar dengan lancar.

ByAdmin

Penyebab toilet bau beserta solusinya

Penyebab toilet bau beserta solusinya

Ruangan toilet merupakan salah satu sarana penting penunjang bisnis yang seringkali kurang mendapat perhatian lebih dari para pemilik bisnis atau menejemen pengelolaan gedung. Padahal toilet yang terlihat bersih atau kotor dapat mempengaruhi presepsi dan perilaku pemakainya, baik itu bagi karyawan sendiri, pengunjung ataupun pelanggan bisnis.

Penyebab toilet bau beserta solusinya

Penyebab toilet bau beserta solusinya

Meskipun demikian banyak pemilik bisnis yang sudah menyadari manfaat dari sebuah toilet yang bersih dan higenis bagi para pemakainya seperti :

  • Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan, pengunjung dan pelanggan
  • Meningkatkan produktivitas karyawan di lingkungan kerja
  • Memperkuat kesan merek secara keseluruhan kepada pengunjung dan pelanggan

Karena setiap orang membutuhkan kondisi toilet umum yang bersih dan higenis di lingkungan bisnis, maka bau toilet yang tidak sedap akan menjadi sebuah hal penting yang harus diperhatikan setiap orang, selain dekorasi atau estetika toilet itu sendiri.

Mengapa demikian?

Kekuatan indra penciuman manusia merupakan yang terkuat dari 4 panca indera lainnya. Penciuman manusia sebetulnya memiliki kesinambungan yang erat dengan emosi dan daya ingat manusia.

Ini sebabnya mengapa bau toilet yang tidak sedap atau pesing bisa dengan mudah mempengaruhi presepsi individu secara negative terhadap toilet yang ia gunakan. Bahkan tak jarang dari mereka yang enggan menggunakan toilet umum yang sama di lain kesempatan.

Mengapa banyak orang menghindari toilet umum?

Bagi sebagain orang, toilet umum seringkali dikaitkan dengan hal – hal negatif seperti toilet umum kotor, bau tidak sedap dan jorok. Hal inilah yang menjadikan alasan banyak orang untuk sebisa mungkin tidak menggunakan toilet umum ketika berada dilingkungan bisnis.

Sehubungan dengan alasan kenapa banayak orang yang enggan menggunakan toilet umum, studi kualitas udara yang dilakukan oleh Initial Hygiene yang memfokuskan pada toilet umum dilingkungan bisnis seperti pusat perbelanjaan, restoran, stasiun kreta api dan diskotik menunjukan hasil sebagai berikut :

  • 10% responden akan memberikan kesan negatif kepada pemilik bisnis atau manajemen gedung setelah memiliki pengalaman buruk dengan bau toilet umum yang tidak sedap
  • 46% responden menolak kembali ke tempat dengan toilet atau kamar mandi yang berbau tidak sedap
  • 76% responden menggunakan kata ‘jijik’ untuk menyimpulkan perasaan mereka setelah menemukan bau tidak sedap di toilet umum

Jadi apa penyebab toilet bau itu sesungguhnya? Dan bagaimana solusi cara mengatasinya? Baca selengkapnya penjelasan dibawah ini!

Penyebab toilet bau beserta solusinya, tetapi perlu mengetahui dulu dari mana sumber bau tersebut sesunguhnya.

Berikut ini adalah 4 faktor utama penyebab toilet bau dan kotor di lingkungan bisnis pada umumnya:
  1. Sistem ventilasi udara yang buruk

Yang pertama adalah memastikan adanya sistem ventilasi udara yang baik, merupakan kunci utama dari mencegah penyebab bau pada toilet.

Ruangan toilet yang dibangun tanpa menggunakan jendela atau tidak menggunakan kipas exhaust, akan berpotensi untuk menjebak udara berbau tidak sedap di dalam toilet sepanjang waktu karena tidak ada pertukaran udara dari dalam dan luar ruangan toilet.

Dengan memastikan bahwa terdapat sirkulasi udara segar yang masuk kedalam ruangan toilet. Berarti Anda tidak hanya mengurangi potensi munculnya bau toilet namun juga mencegah munculnya jamur.

Bagaimana solusinya?

  • Membersihkan exhaust setidaknya setiap 6 bulan sekali – Kipas exhaust berfungsi sama dengan vacuum cleaner, semakin banyak debu yang menumpuk maka semakin tidak efektif kipas exhaust berfungsi mengatur sirkulasi udara di dalam kamar mandi.
  • Menggunakan pengharum kamar mandi – Jika kamar mandi Anda tidak berventilasi baik dan memiliki sirkulasi udara yang buruk, maka pengharum kamar mandi adalah salah satu solusi yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara serta menghilangkan bakteri penyebab bau dari udara di dalam kamar mandi. Pengharum kamar mandi aroma kopi misalnya adalah salah satu jenis aroma yang paling populer dipakai untuk menutupi bau tak sedap di dalam toilet.
  1. Noda urin pada kloset dan urinal

Kloset dan urinal adalah tempat berkembang biak yang sempurna bagi banyak bakteri di dalam toilet. Noda dari urine adalah salah satu sumber bau tak sedap yang paling umum ditemukan di toilet umum pria ataupun wanita di lingkungan bisnis.

Pada kebanyakan kasus, bau urin di dalam toilet atau kamar mandi umum justru bukan berasal dari dalam kloset atau urinal itu sendiri, melainkan dari noda urine yang terdapat pada pinggiran mangkuk kloset atau sisi bagian luar urinal yang tertinggal.

Selain karena disebabkan oleh kebiasaan buruk pengguna toilet, sisa noda urin pada kloset atau urinal juga terjadi pada setiap proses pembilasan atau flush.

Setiap kali kloset atau urinal dibilas, terdapat sebuah tetesan kecil yang dilepaskan ke udara dan berpotensi mengandung mikroorganisme yang terkait dengan urin dan feses yang seringkali mengendap di area seperti pinggiran mangkuk kloset.

Bagaimana solusinya?

  • Membersihkan noda urin dengan segera – Secara rutin membersihkan noda urin dengan cairan desinfektan pada mangkuk kloset, pinggiran urinal dan bagian lainnya yang kurang terlihat seperti lantai di bawah kloset sebelum menjadi kerak dan menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Menggunakan urinal sanitizer pada setiap kloset dan urinal – Urinal sanitizer menyuntikkan dosis cairan pembersih yang terukur pada setiap proses pembilasan. Cairan pembersih yang dikeluarkan oleh urinal sanitizer berfungsi untuk melawan bakteri dan penumpukan kerak yang menjadi penyebab toilet bau dan keberadaan noda yang tidak sedap dipandang.
  • Melengkapi toilet kubikal dengan toilet seat sanitizer – Selain mengurangi kemungkinan adanya penumpukan sisa noda urin atau feses yang tertinggal di kloset duduk, memfasilitasi pengguna toilet umum dengan pembersih dudukan toilet artinya Anda juga mengedukasi mereka untuk senantiasa menjaga kebersihian toilet untuk pengguna
  1. Pipa saluran air tersumbat

Pipa saluran air yang mampet adalah penyebab toilet bau paling umum lainnya yang seringkali menjadi masalah besar yang merugikan bagi setiap pemilik bisnis atau manajemen pengelolaan gedung.

Ketika saluran air wastafel ataupun kloset tersumbat; maka air tidak akan mengalir dengan sempurna, menumpuk di saluran pembuangan dan menyebabkan timbulnya kerak dan jamur penyebab utama bau tak sedap di dalam toilet umum.

Ada beberapa penyebab pipa saluran air tersumbat yang umumnya disebabkan oleh pengguna toilet umum pada wastafel dan koslet duduk, misalnya:

Wastafel

Sebagian besar masalah saluran pipa wastafel mampet disebabkan oleh kombinasi sampah organik yang menumpuk pada dinding pipa saluran pembuangan wastafel, misalnya:

  • Rambut
  • Sisa lemak atau minyak
  • Penggunaan sabun

Kloset duduk

Beberapa alasan mengapa pipa saluran air yang mampet pada kloset duduk antara lain adalah:

  • Aliran air yang lemah
  • Sampah atau limbah seperti tisu basah, pembalut, puntung rokok bahkan popok bayi yang dibuang kedalam kloset duduk

Bagaimana solusinya?

  • Menyediakan tempat sampah di dalam kamar mandi dan kubikal toilet – Tempat sampah yang disediakan di setiap bilik dapat mengurangi kecenderungan pengguna toilet umum untuk membuang sampah ke dalam kloset.
  • Memastikan saluran pembuangan tetap berfungsi setiap saat – Membersihkan wastafel dan memastikan bahwa sistem pembilasan berfungsi dengan baik pada kloset.
  1. Pembuangan limbah toilet yang tidak tepat

Bukan hanya bisa membuat penyumbatan seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, membuang limbah toilet atau sampah yang tidak tepat juga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan bisa meningkatkan resiko kontaminasi silang diantara pengguna toilet lainnya.

Oleh sebab itu jangan pernah menganggap remeh keberadaan tempat sampah di dalam toilet Anda! reputasi bisnis Anda bisa rusak ketika pelanggan menemukan bahwa Anda memiliki toilet bau dan kotor. Terutama ketika mereka melihat banyak limbah toilet yang berserakan tanpa adanya tempat sampah di dalam ruangan toilet!

Keluhan umum yang sering disampaikan oleh pengguna toilet umum wanita adalah penanganan limbah pembalut bekas yang tidak higenis. Toilet umum wanita seringkali bermasalah dengan bau busuk yang berasal dari pembalut bekas yang tidak dibuang secara tepat, kedalam tempat sampah. Bahkan hal buruknya lagi, tidak jarang apabila limbah pembalut dibiarkan tergeletak dilantai kubikal toilet!

Bagaimana solusinya?

  • Menyediakan tempat sampah dengan penutup di dalam toilet – Selain sampah umumnya tidak sedap dipandang, sampah atau limbah toilet juga tidak higienis dan mampu mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  • Melengkapi tempat sampah pembalut wanita di toilet wanita – Pembuangan limbah pembalut yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang dan infeksi. Menyediakan tempat sampah pembalut dengan fasilitas sensor adalah solusi tepat untuk meminimalkan kontak dengan permukaan, serta memberikan rasa kenyamanan ekstra bagi pengguna toilet wanita.

Itulah beberap hal yang menjadi penyebab toilet bau beserta solusinya yang sering kali kami jumpai di lapangan. Semoga dengan adanya artikel ini bagi Anda pemilik bisnis atau pengelola toilet umum bisa berbenah sehingga para pelanggan bisa betah ketika menggunakan toilet umum.

ByAdmin

Membersihkan wc duduk gunakan cairan pembersih agar terhindar dari kuman

Membersihkan wc duduk gunakan cairan pembersih agar terhindar dari kuman

Pada zaman modern seperi sekarang ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan WC jenis kloset duduk karena dianggap lebih praktis dan nyaman ketika digunakan, namun bukan berarti juga banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membersihkan WC duduk dengan benar. Banyak diantara kita yang belum mengerti benar mengenai WC duduk sehingga jarang dibersihkan. Mungki karena faktor malas, karena tidak tahu, atau juga bisa karena ribet cara membersihkannya.

Salah satu bagian yang paling sering dilupakan adalah pada bagian dalam tangki, karena pada bagian dalam tangki tersebut sering sekali kotor sehingga menyebabkan perubahan warna dan juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Apalagi jika Anda sering menggunakan air sulingan atau air sumur, akan menyebabkan bakteri berkembang dengan cukup cepat di dalam tangki. Apabila hal ini tidak secara rutin dikuras, zat mineral dan zat yang bersumber dari air yang bisa menjadi makanan bakteri seringkali menyebabkan bagian tersebut berlendir dan mengumpal. Bakteri dapat ditemukan dan warna cukup mudah terlihat, biasanya berwarna kuning, orange, coklat, merah, hitam, hijau, dan kadang berwarna seperti karat.

Membersihkan wc duduk gunakan cairan pembersih agar terhindar dari kuman

Membersihkan wc duduk gunakan cairan pembersih agar terhindar dari kuman

Kloset duduk cocok untuk kamar mandi minimalis

Pilihan kloset duduk yang pada saat ini banyak masyarakat yang memakai jenis kloset duduk karena pemilik rumah memiliki ruangan kamar mandi yang minimalis. Meskipun jenis kloset duduk ini terasa nyaman ketika digunakan saat buang air besar namun menurut pakar kesehatan, jenis kloset duduk tidak cukup efektif dibandingkan kloset jongkok untuk melancarkan buang air besar.

Salah satu faktor yang banyak dialami orang yang mengalami masalah dalam buang air besar adalah disaat seseorang menggunakan kloset duduk seringkali menyebabkan memaksakan diri untuk mengejan dan menimbulkan gangguan kesehatan atau penyakit dibagian dubur atau sering disebut penyakit ambeien.Penyebab kamar mandi menjadi kotor yang disebabkan bakteri yang menempel disekitaran kamar mandi dan dapat menimbulkan korosi dan dapat menyebabkan saluran WC Anda tersumbat, maka sangat penting untuk membersihkannya.

Tips efektif membersihkan kloset duduk yang baik

Sebelum membersihkan WC pastikan ruangan kamar mandi karena terlihat kotor dan sangat kumuh, Anda harus menggunakan sarung tangan agar tidak lecet atau luka ketika membersihkan dan agar terlindungi dari bakteri, kuman, dan lain-lain. Berikut langkah efektif membersihkan kloset duduk, antara lain:

  1. Menguras air dari dalam tangki air

Sebelum mengurasisi dalam tangki atau bak air, terlebih dahulu pastikan Anda sudah mematikan atau menutup keran agar air tidak masuk kembali ke dalam tangki air.

Tutup tangki air dapat ditemukan di bagian bawah toilet dan biasanya berada didekat dinding bagian belakang. Gunakan air di dalam tangki untuk menyiram toilet, dan sebaiknya ulangi dua kali untuk memastikan agar tangki air benar-benar dalam keadaan kosong.

  1. Memberikan disinfectant ke dalam tangki air

Anda dapat memberikan disinfectant pada tangki air untuk membersihkan lendir dan kotoran yang terdapat bakteri. Disinfectant yang dapat dipakai dan dimanfaatkan untuk membersihkan WC duduk antara lain, pemutih klorin, yang dapat langsung disemprotkan  atau menuangkan pada bagian atasnya.

Sebaiknya berhati-hatilah ketika menggunakan pemutih, dan tetap harus gunakan sarung tangan saat melakukan penyiraman. Karena manfaat penggunaan pemutih klorin tidak hanya bertujuan untuk mensterilkan area kloset namun juga untuk mencegah dan mencairkan bakteri yang ada. Kemudian siramkan satu atau dua ember air dingin untuk membilas tangki toilet, dan buang airnya melalui saluran toilet.

  1. Membersihkan kotoran dan noda yang membandel

Cara membersihkan kloset duduk dengan menyikat menggunakan sikat plastik yang lembut untuk menghilangkan kotoran dan noda-noda seperti kerak atau lumut terutama pada bagian dalam toilet serta di bagian sudut-sudut dan celah-celah pada permukaan dinding tangki air toilet.

  1. Menghilangkan deposit mineral

Air sumur banyak mengandung mineral dengan presentasi yang berbeda mulai dari kalsium, magnesium dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu, air yang mengandung mineral biasanya akan menumpuk dan akan berubah mengeras didalam tangki toilet.

Untuk dapat mengatasi masalah ini, kita dapat memanfaatkan cuka putih yang masih murni.

  • Tuangkan saja cuka putih tersebut ke dalam tangki.
  • Pastikan sudah menuangkannya secara rata di permukaan tangki atau pada bagian-bagian yang kotor.
  • Biarkan selama kurang lebih 12 jam atau lebih lama jika deposit tersebut terlihat bandel dan berat.
  • Sebaiknya membersihkan toilet sebaiknya dilakukan pada malam hari.
  • Cuka merupakan asam ringan yang dapat melakukan deposit mineral pada permukaan tangki.
  • Pada keesokan harinya, dapat menyikat atau menggosok-gosokkan tangki toilet tersebut dan kemudian membilasnya.
  1. Membersihkan jamur dari kloset

Jika kloset terdapat lumut dan sudah berjamur dapat Anda dapat membersihkan dengan cukup mudah, hanya dengan memanfaatkan bahan pemutih klorin secara rutin.

Bagi pengguna kamar mandi, setidaknya harus secara berkala dalam membersihkan mangkoknya setiap 3 hari sekali dengan cara menyikat dengan memberikan cairan pembersih, sedangkan untuk membersihkan tangki toilet dapat dilakukan minimal 4 kali dalam setahun, atau lebih baik setahun 2 kali secara berkala. Selain agar terlihat nyaman dilihat dan digunakan, namun memberikan efek toilet duduk yang sehat terbebas dari kerak yang menjadi sarang banyak bakteri dan kuman.

Tips membersihkan WC duduk dengan baik agar kamar mandi selalu terjaga dengan bersih dan nyaman, bersihkanlah secara rutin dan dijadwalkan dengan baik. Agar lebih maksimal bersihkan menggunakan bahan-bahan kimia maupun alami yang dapat membantu memudahkan kerak terangkat. Karena kerak yang menumpuk membuat bakteri dan kuman banyak bersarang.

ByAdmin

Kamar mandi ayu ting ting punya 2 jenis kloset

Kamar mandi ayu ting ting punya 2 jenis kloset ungkap perancangnya

Penyanyi sekaligus artis Ayu Ting Ting akhirnya angkat bicara mengenai kamar mandinya yang belakangan ini viral di jagat dunia maya.

Toilet di rumah Ayu Ting – Ting menjadi viral karena memiliki dua jenis kloset yaitu kloset duduk sekaligus kloset jongkok. Anehnya lagi dua kloset tersebut dipasang saling berhadapan di dalam satu ruangan kamar mandi.

Kamar mandi ayu ting ting punya 2 jenis kloset

Kamar mandi ayu ting ting punya 2 jenis kloset

Menurut Ayu Ting Ting, kamar mandi yang berbentuk seperti itu sudah sejak lama seperti itu. Siapa orang yang merancangnya ternyata ayah dan sang bundanya sendiri.

“Sudah dibuat WC sejak dulu, ya nggak tahu ya itu rumah, emang ayah ojak sama ibu yang ngedesain. Saya mah suka aja,” ucap Ayu Ting Ting ketika ditemui di Kawasan, Tendean, Jakarta Selatan.

Ayu tahu selebgram Keanu Angelo lah yang membuat kamar mandi di rumahnya menjadi viral. Ketika itu, mereka berdua sedang kolaborasi untuk membuat konten Youtube.

“Iya itu gara-gara si Keanu emang, rame saja seru,” kata Ayu.

Gara-gara toiletnya viral, banyak selebgram atau YouTube lain yang mengajaknya berkolaborasi. Perempuan asal Depok ini pun tak masalah.

“Iya nggak apa apa. Seru kok emang saya sengaja biar pada ke rumah aja gitu pada main biar ngerasain ke rumah ayu ting ting,” ujat Ayu Ting Ting.

Sebelumnya, Ayu Ting Ting dalam saluran YouTube-nya menjelaskan kenapa di kamar mandinya ada dua kloset.

Dia bilang, tak semua orang di rumahnya nyaman dengan salah satu jenis kloset.

“Lu tau nggak kenapa ada dua, supaya, kan ada orang yang nggak biasa duduk di WC, ada yang nggak bisa pakai WC duduk, biasanya pakai jongkok, jongkok,” kata Ayu Ting Ting.

Reaksi warganet melihat dua jenis kloset di kamar mandi Ayu Ting Ting cukup beragam. Yang jelas penampakan kamar mandi Ayu Ting Ting punya 2 jenis kloset berhasil mengocok perut warganet.

Mereka tidak habis pikir kenapa ada dua jenis kloset di dalam satu kamar mandi. Terlebih posisinya saling berhadapan.

ByAdmin

Biaya ganti meteran PDAM syarat dan cara mengurus

Biaya ganti meteran PDAM syarat dan cara mengurus

Meski sekarang ini sudah tersedia sumur bor, sumur artesis dan lain sebagainya, namun kebutuhan masyarakat akan air bersih dari PDAM masih tinggi. Di lain sisi keunggulan jika menggunakan air PDAM adalah ketersediaan air bersih lebih stabil kepada para masyarakat, pemakainya tinggal membayar tagihan bulanan saja yang biayanya cukup terjangkau.

Setiap pelanggan yang menggunakan air PDAM pastinya akan dilengkapi dengan peralatan bernama meteran. Dimana peralatan meteran PDAM tersebut berguna untuk mengetahui jumlah pemakaian fasilitas air bersih serta untuk mengetahui kisaran biaya yang harus dibayarkan oleh pelanggan selama satu bulan pemakaian.

Akan tetapi terdapat beberapa pelanggan yang mengeluhkan jika meteran PDAM miliknya mengalami kerusakan, entah itu disebabkan oleh kelalaian pemiliknya ataupun karena sudah termakan usia pemakaian. Untungnya, dari pihak PDAM sendiri sudah menyediakan layanan penggantian meteran PDAM kepada para pelanggannya.

Biaya ganti meteran PDAM syarat dan cara mengurus

Biaya ganti meteran PDAM syarat dan cara mengurus

Ketika pelanggan hendak mengajukan penggantian meteran PDAM, tentunya mereka perlu mempersiapkan sejumlah uang guna membayar biaya administrasinya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai rincian biaya ganti meteran PDAM syarat dan cara mengurus di semua daerah.

Ciri meteran PDAM bermasalah

Harus diketahui, adanya kerusakan pada meteran PDAM pastinya bisa dilihat dari beberapa hal. Salah satu ciri utama meteran PDAM mengalami kerusakan, yang bisa Anda jadikan patokan yaitu tagihan bulanan seketika melonjak tinggi meskipun pemakaiannya standar seperti bulan – bulan sebelumnya.

Selain itu, sebenarnya terdapat beberapa ciri-ciri atau gejala lainnya yang bisa mengindikasikan meteran komponen PDAM mengalami kerusakan, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Meteran PDAM terus berputar ataupun sebaliknya.
  • Meteran air berputar terus dan tidak bisa berhenti.
  • Meteran PDAM tidak berfungsi sama sekali.
  • Terdapat kebocoran pada instalasi pipa sehingga air bersih PDAM tetap mengalir meskipun keran tertutup.
  • Munculnya rembesan pada tembok.
  • Kondisi fisik meteran PDAM terlihat berkarat dan korosi.
Penyebab meteran PDAM rusak

Sebelum lanjut menuju pembahasan utama mengenai besaran biaya ganti meteran PDAM berlanjut, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja penyebab kerusakan meteran. Seperti yang dijelaskan sebelumnya kerusakan meteran PDAM bisa disebabkan baik itu karena kelalaian pelanggan ataupun kesalahan teknis.

Pada beberapa kasus, kerusakan meteran PDAM disebabkan karena pelanggan memindahkan serta mengubah posisi meteran secara sembarangan saat sedang melakukan renovasi rumah. Padahal sebetulnya pelanggan tidak boleh memindahkan posisi meteran PDAM tersebut tanpa meminta izin terlebihdahulu ke pihak PDAM setempat.

Selain itu, berikut adalah beberapa penyebab lainnya mengapa meteran air PDAM mengalami kerusakan.

  • Usia meteran PDAM sudah tua dan belum diganti dalam jangka waktu tertentu.
  • Korosi dan karat pada meteran air
  • Adanya kebocoran saluran pipa sehingga meteran terus berputar.
  • Pemasangan meteran PDAM dilakukan secara asal-asalan sehingga cepat rusak.
  • Tekanan air cukup besar.
  • Pemakaian volume air bersih harian terlalu berlebihan.
Syarat ganti meteran PDAM

Selain wajib membayar biaya ganti meteran PDAM karena rusak, pelanggan juga perlu memenuhi semua syarat beserta ketentuan lainnya. Salah satu syarat utama dalam pengajuan permohonan penggantian meteran PDAM yaitu mempersiapkan nomor ataupun ID pelanggan.

Selain itu, pelanggan juga perlu menyertakan dokumen pendukung lainnya seperti KTP pemilik rumah beserta Kartu Keluarga (KK). Syarat dokumen atau berkas pendukung lainnya yaitu mempersiapkan fotokopi rekening sebagai bukti pembayaran tagihan PDAM bulanan milik pelanggan.

Cara ganti meteran PDAM

Perlu diketahui, jika Pemasangan baru PDAM dapat dilakukan secara online, namun untuk pengajuan permohonan penggantian meteran air hanya bisa dilakukan secara offline melalui kantor PDAM setempat. Hal ini bertujuan agar nantinya pelanggan bisa menjelaskan letak permasalahan atau kerusakan meteran PDAM.

Daripada penasaran, di bawah ini adalah tata cara ganti meteran air PDAM karena mengalami kerusakan.

  1. Pertama Anda harus mengunjungi kantor PDAM setempat.
  2. Jika sudah sampai di kantor PDAM, utarakan tujuan permohonan penggantian meteran PDAM kepada petugas.
  3. Kemudian isi surat permohonan dengan menyertakan bukti pembayaran tagihan bulanan dan fotokopi KTP.
  4. Setelah itu, petugas PDAM setempat segera melakukan survei lapangan melihat penyebab kerusakan meteran PDAM.
  5. Apabila kerusakan meteran air PDAM bukan karena kelalaian pelanggan, maka petugas akan segera menggantinya sesuai jenis meterannya.
  6. Pembayaran biaya administrasi ganti meteran PDAM dapat dilakukan di kantor setempat ataupun melalui transfer bank.
Biaya ganti meteran PDAM

Di atas sudah dijelaskan secara detail mengenai ciri dan penyebab meteran PDAM rusak hingga prosedur permohonan penggantiannya. Selanjutnya Anda juga harus mengetahui berapa besar baiaya penggantian meteran air PDAM baru di beberapa tempat.

Sebetulnya, pihak PDAM daerah tidak akan membebankan biaya ganti meteran air atau dengan kata lain gratis kepada pelanggan apabila kerusakan meteran air yang terjadi, disebabkan oleh faktor alami ataupun karena kesalahan teknis. Berbeda cerita jika kerusakan meteran PDAM terjadi disebabkan oleh kelalaian pelanggan, maka mereka akan dikenai biaya sebesar RP 300.000.

Perlu dicatat, besarnya biaya ganti meteran air PDAM tersebut tergantung dari seberapa besar ukuran meteran air dan seperti apa tingkat kerusakan yang terjadi pada meteran. Maka untuk itu saran kami sebaiknya Anda mempersiapkan anggaran biaya lebih dari estimasi di atas untuk berjaga – jaga jika nantinya pihak PDAM setempat memberlakukan penyesuaian tarif.

Dari pembahasan di atas kesimpulan yang bisa diambil adalah sebenarnya proses permohonan penggantian meteran air PDAM hanya bisa dilakukan secara offline melalui kantor cabang setempat. Sementara untuk besaran biaya penggantiannya sendiri tergantung dari penyebab kerusakan, entah kerusakan tersebut karena faktor alami ataupun karena kelalaian pelanggan.

Demikian pembahasan dari biaya ganti meteran PDAM syarat dan cara mengurus di sejumlah daerah prosedurnya sama. Semoga informasi di atas bisa Anda jadikan refrensi ketika hendak mengajukan permohonan penggantian meteran air PDAM karena rusak.

ByAdmin

Cara mengatasi lantai kamar mandi berkerak

Cara mengatasi lantai kamar mandi berkerak dengan mudah

Lantai kamar mandi berkerak menunjukan jika sang pemilik rumah yang jarang melakukan pembersihan kamar mandi dalam waktu yang lama, alhasil kamar mandi menjadi tidak nyaman dilihat dan dipakai ketika beraktivitas didalam kamar mandi.

Sebaiknya rutin membersihkan lantai kamar mandi sebelum berkerak

Lantai kamar mandi berkerak sangat merugikan bagi penggunanya, jika kamar mandi dalam keadaan bersih, selain bagus ketika dipAndang juga enak dipakai oleh para pengguna kamar mandi. Selain peralatan kamar mandi yang lengkap, kondisi kamar mandi dalam keadaan kotor, lantai berkerak, dan dinding – dinding kamar mandi berlumut juga tidak kalah penting karena membuat penggunannya tidak nyaman terlebih jika ada tamu yang akan menggunakan kamar mandi tersebut.

Sebaiknya Anda segera membersihkan lantai kamar mandi yang berkerak, dan disarankan untuk membersihkan lantai kamar mandi secara rutin. Karena perlu Anda ketahui lantai berkerak banyak sekali menyimpan bakteri dan menimbulkan gangguan kesehatan bagi para penggunanya. Untuk membersihkan lantai kamar mandi yang berkerak, dinding yang berlumut, ada banyak cairan pembersih lantai berkerak bahan-bahan kimia dan bahan-bahan alami yang banyak direkomendasikan.

Cara mengatasi lantai kamar mandi berkerak

Cara mengatasi lantai kamar mandi berkerak

Tips membersihkan lantai kamar mandi berkerak

Membersihkan lantai kamar mandi menggunakan bahan-bahan kimia maupun alami, berikut tips cara menghilangkan lantai berkarat dan berkerak, antara lain:

  1. Membersihkan lantai berkerak dengan zat asam cuka

Lantai kamar mandi yang berkerak terdapat pada kamar mandi yang sudah lama tidak terpakai, sehingga banyak sekali sisa-sisa jamur-sabun mandi, lumut yang ikut mengeras didalam kamar mandi, maka dari itu, jika lantai kamar mandi Anda tidak ingin berkerak, sebaiknya dibersihkan secara rutin minimal satu minggu sekali. Ketika hendak mulai membersihkan lantai kamar mandi, sebaiknya terlebih dahulu mengeluarkan semua barang yang diletakan di lantai kamar mandi, hal ini untuk memudahkan pembersihan tidak terhambat pada bagian sudut lantai kamar mandi yang terlewatkan untuk disikat.

  • Larutkan air asam cuka ke dalam air dengan perbandingan 50:50.
  • Campurkan larutan air asam cuka dengan sabun dan deterjen kemudian aduk rata semua bahan dalam ember kemudian siramkan dengan merata pada lantai kamar mandi.
  • Gosok semua bagian lantai dengan air larutan cuka hingga bersih, juga pada bagian-bagian di sekitar lantai toilet, karena tempat tersebut kotor karena terjadi penumpukan kerak.
  • Jika kerak pada lantai kamar mandi masih tidak dapat hilang, ada baiknya gunakan zat asam cuka tanpa campuran air yang lebih kental, karena bahan asam cuka sangat efektif menghilangkan kerak membandel.
  • Jangan lupa untuk bagian saluran air pembuangan air juga penting untuk disikat hingga mengilap menggunakan asam cuka, perlu diketahui pada saluran air pembuangan menjadi salah satu tempat banyak menumpuknya kerak.
  • Setelah selesai bilas dengan air hingga bersih sampai zat asam cuka yang menempel dan sisa noda berkerak di lantai kamar mandi ikut larut ke saluran pembuangan.
  1. Membersihkan lantai berlumut dengan garam

Lantai berlumut cepat sekali tumbuh di tempat-tempat yang lembab, apalagi di tempat dingin dan tidak pernah terkena cahaya matahari. Karena pada ruangan yang lembab seperti kamar mandi, lumut dapat mudah tumbuh di lantai dan dinding-dinding. Tentu saja ini sangat membahayakan jika tidak segera dibersihkan. Karena dapat menyebabkan lantai kamar mandi Anda menjadi licin dan tentu akan membahayakan bagi pengguna kamar mandi.

Bahan-bahan yang dapat membersihkan lantai kamar mandi yang berlumut dalam jangka waktu yang lama yaitu dengan larutan garam. Berbeda dengan yang berbahan dasar kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit tangan. Penggunaan garam dapur dirasa akan lebih aman karena tidak akan menyebabkan iritasi kulit. Beberapa tips penggunaan garam sebagai pembersih alami lantai kamar mandi, seperti berikut:

  • Campurkan sebanyak tiga sendok garam dapur ke dalam air sebanyak dua liter pada sebuah wadah atau panci.
  • Kemudian didihkan campuran air dan garam tersebut hingga mendidih, untuk memastikan campuran garam dan air tersebut benar-benar tercampur rata, kemudian siramkan air garam tersebut secara merata pada lantai kamar mandi yang berlumut. Atau Anda dapat menggunakan air panas untuk langsung dicampurkan dengan garam.
  • Gosok lantai dengan sikat, area yang berlumut hingga bersih, dapat juga menggunakan sikat aluminium untuk mengerok lumut-lumut yang berkerak.
  • Kemudian bilas lantai kamar mandi Anda dengan air bersih.
  • Terakhir siram sekali lagi dengan larutan garam yang masih panas.
  1. Membersihkan lantai menggunakan belimbing wuluh

Belimbing wuluh dapat digunakan untuk membersihkan noda kekuningan pada keramik atau kloset.

  • Gosok noda kekuningan pada keramik dengan menggunakan belimbing wuluh.
  • Kemudian diamkan sampai kering kemudian selanjutnya sikat dan siram dengan air bersih.
  • Selain keramik dan kloset, belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk membersihkan noda pada gelas atau piring yang terbuat dari keramik atau perselen.
  1. Menggunakan bahan kaporit

Mengatasi lantai kamar mandi berkerak dapat mengunakan kaporit agar memudahkan noda yang membandel.

  • Siram noda kerak yang menempel pada lantai dengan air panas.
  • Taburkan bubuk kaporit secara merata.
  • Biarkan selama kira-kira 30 menit.
  • Siram dengan air bersih.
  • Gosok lantai sekali lagi dengan menggunakan sabun.
  • Bilas dengan air bersih sampai sisa-sisa sabun tidak berbekas lagi.
Hal yang perlu dihindari ketika membersihkan lantai kamar mandi

Agar Anda tidak mengalami masalah – masalah noda membandel di kamar mandi, Anda perlu menghindari hal-hal ini, diantaranya:

  1. Jangan membersihkan lantai hanya pada bagian yang terlihat kotor saja, karena sangat tidak dianjurkan jika pada bagian kotor dan bernoda yang sudah terlihat sudah pasti mudah Dan sebaiknya lakukan pembersihan lantai kamar mandi rutin minimal satu minggu sekali dengan obat pembersih lantai berkerak.
  2. Jangan membersihkan bagian yang mudah dijangkau saja, karena bakteri-bakteri lebih suka bersarang di sudut-sudut yang tidak mudah dijangkau. Sangat bebahaya jika bagian sudut dan di sekitar kloset dan bak mandi tidak tersentuh sikat, sisa air sabun dan jamur akan menimbulkan kerak yang makin menumpuk dan susah dihilangkan.
  3. Jika jarang membersihkan rak sabun di kamar mandi, hal tersebut akan menyebabkan kerak-kerak sabun yang terlalu lama terdiam dan menumpuk terlalu tebal dan tidak enak dipandang mata. Rak lembab dan tertutup menjadi media mikroorganisme tumbuh dan berkembang biak. Karena sangat berbahaya jika sabun yang Anda pakai untuk mandi ternyata mengandung bakteri yang tidak menyehatkan untuk kulit, bahkan dapat membuat kulit menjadi gatal.

Lantai berkerak, karat, berlumut dan jamur yang menempel di kamar mandi terjadi karena membiarkan air sabun dan jamur-jamur di lantai kamar mandi menumpuk. Tips cara mengatasi lantai kamar mandi berkerak dengan menggunakan bahan-bahan alami dan beberapa hal-hal yang harus dihindari, kebersihan adalah sebagian dari iman maka dari itu jaga kamar mandi agar tetap bersih.

ByAdmin

Perbandingan closet jongkok vs closet duduk

Perbandingan closet jongkok vs closet duduk

Closet merupakan kebutuhan utama sanitary sebuah rumah untuk memenuhi kebutuhan MCK khususnya buang air kecil dan buang air besar. Coba lihat toilet di rumah Anda masing – masing menggunakan closet jongkok atau closet duduk ? dan kenapa demikian ?

Di Negara Asia seperti Indonesia kebanyakan orang menggunakan closet jongkok karena buang air besar bisa lebih lancar dan harganya yang murah dibanding closet jenis duduk. Sementara di Negara barat dan sebagian rumah modern di Indonesia lebih memilih closet duduk karena dinilai lebih nyaman dan modelnya lebih bagus. Mari kita bahas perbandingan closet jongkok vs closet duduk.

  1. Kenyamanan penggunaan

Jika diperhatikan secara alami, ketika Anda buang air besar dengan posisi jongkok memang lebih mudah dan lebih lancar dari pada posisi duduk. Hal ini juga diperkuat oleh jurnal Digestive Diseases and Sciences, Dov Sikirov bahwa jongkok atau duduk saat di kloset bisa mempengaruhi kelancaran ketika buang air besar (BAB). Posisi jongkok memang dinilai lebih unggul untuk kelancaran buang air besar.

Sementara saat menggunakan kloset duduk, terdapat beberapa otot yang tidak berkontraksi dan hanya menekan sebagian. Selain itu posisi jongkok juga dapat menguatkan otot kaki secara alami. Itulah mengapa mungkin banyak orang belum mau berpindah dari closet jongkok ke closet duduk meskipun mereka membuat rumah baru dengan biaya lebih tinggi.

Kelemahan posisi jongkok adalah saat jongkok terlalu lama mungkin dapat menyebabkan kaki pegal dan kesemutan. Jadi buang air besar di closet jongkok tidak disarankan berlama-lama. Sementara untuk closet duduk, di negara barat seperti Amerika banyak orang yang buang air sambil membaca majalah atau main handphone dengan durasi yang tidak sebentar. Posisi duduk memang lebih nyaman jika ingin berlama-lama di toilet.

Kloset duduk lebih nyaman digunakan terutama bagi mereka yang mengalami masalah pada lutut dan sulit jongkok. Itulah alasan di rumah sakit cenderung menggunakan closet duduk untuk memudahkan pasien buang air besar.

  1. Anatomi tubuh dan kecepatan

Jika dilihat dari anatomi tubuh manusia ketika berjongkok, seluruh otot puborectalis tidak berkontraksi, ini akan  memudahkan proses pengeluaran. Sudut anorektal juga dapat membentuk sempurna, sudut yang terbentuk di area antara anus dan rektum (bagian akhir dari usus) yang merupakan jalur keluarnya feses sehingga melancarkan proses pembuangan. Ketika menggunakan kloset duduk, sudut ini mungkin tertekuk sehingga feses sulit keluar dan memerlukan tenaga ekstra untuk mengeluarkannya.

Namun untuk menggunakan closet duduk, pengguna biasanya lebih rumit dan mungkin harus melepaskan semua pakaian bagian bawahnya untuk dapat menggunakan closet dengan nyaman. Sementara closet duduk dapat diraih dengan lebih cepat dengan hanya sedikit melorotkan celana/rok tanpa melepasnya.

  1. Masalah kebersihan & higienis

Perbandingan closet jongkok vs closet duduk dilihat dari segi kebersihan, closet jongkok ternyata lebih bersih dan higenis sebab pada saat Anda buang air besar menggunakan closet jongkok bagian pantat sama sekali tidak bersentuhan dengan bagian closet. Dengan tidak adanya kontak sentuhan antara closet dengan bagian tubuh bisa menghindari perpindahan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

Sementara untuk closet duduk lebih rentan terjadi transfer bakteri, karena saat duduk, tubuh menyentuh langsung ke closet meskipun bagian dudukannya sudah dipisahkan. Untuk itu, jika dirumah Anda menggunakan kloset duduk harus sering – sering di bersihkan untuk menjaga diri Anda beserta keluarga terhindar dari penyakit.

  1. Penampilan & estetika

Dari segi penampilan closet duduk lebih unggul ketimbang closet jongkok. Menurut pendapat banyak orang tentang closet duduk adalah mewah, modern dan mahal. Closet duduk tersedia dalam berbagai desain yang memikat mata pembeli apalagi sekarang ini sudah banyak sekali closet duduk di pasaran dengan pilihan berbagai model. Closet duduk juga dilengkapi penutup bawaan untuk menutupi lubang closet sehingga lubang closet tidak terlihat.

Sementara desain closet jongkok cenderung sederhana dan ketinggalan jaman hanya sebuah mangkuk beserta lubang dengan tempat jongkok untuk pembuangan. Tidak ada hal lain yang ditampilkan pada closet jongkok selain untuk memnuhi fungsinya.

  1. Fitur-fitur

Perbandingan closet jongkok vs closet duduk dari segi fitur, closet duduk lebih unggul dari segi fitur. Closet duduk dapat menggunakan jet washer yang memudahkan cebokan atau eco washer dengan air hangat yang memanjakan penggunanya. Closet duduk juga dilengkapi metode penyiraman pintar sehingga closet tetap terlihat bersih tanpa menghiraukan seberapa banyak feses yang telah dibuang. Inilah yang membuat rumah modern cenderung memilih closet duduk dibanding closet jongkok. Meskipun demikian, fitur penyiraman otomatis juga sudah tersedia untuk closet jongkok.

  1. Instalasi

Untuk pemasangan closet jongkok biasanya ditanam di lantai kamar mandi atau dibuatkan panggung untuk tempat menanam closet jongkok tersebut. berbeda dengan closet duduk untuk pemasanganya diletakkan diatas lantai kamar mandi layaknya meletakan kursi, namun untuk saluran pembuangan dan baut – bautnya tetap dikaitkan dibagian bawahnya. Untuk proses pemasangan kuda jenis closet tersebut memiliki kemudahan dan kesulitan masing – masing, jadi jika Anda berencana untuk memasang closet di rumah Anda sebaiknya menggunakan tukang yang sudah berpengalaman.

  1. Perawatan

Perawatan closet jongkok terbilang sangat minim. Apabila digunakan dengan benar, closet jongkok cenderung tetap bersih. Sistem mekanis pada kloset jongkok sangat minim, hanya sebuah pipa berbentuk leher angsa yang dapat bertahan hingga 10 tahun. Closet jongkok hanya perlu dibersihkan permukaannya, itu pun permukaannya sedikit dan mudah dijangkau. Inilah alasan kenapa banyak toilet umum di Indonesia cenderung menyediakan closet jongkok. Hanya saja, penggunaan sembarangan membuat closet jongkok terkesan kotor dan menjijikan.

Sementara untuk perawatan closet duduk lebih susah ketimbang closet jongkok, karena closet duduk memiliki banyak komponen apalagi pada bagian tabung penyimpanan air rawan rusak pada komponen pelampungnya. Terlebih jika air penyiram meninggalkan bercak dan lumut. Selain itu untuk membersihkan closet duduk juga relatif sulit karena bentuknya yang besar, banyak lekukan terutama pada bagian belakangnya yang sulit dijangkau.

  1. Harga

Untuk masalah harga closet duduk lebih mahal dari pada closet jongkok. Untuk membeli closet duduk Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp 700 ribuan, untuk satu set closet duduk termasuk tabung penyiraman dan jet washer minimal Rp 1,4 juta harga ini bisa saja bertambah tergantung merek dan kualitas closet duduk.

Harga closet jongkok lebih murah dengan uang Rp 500 ribuan saja Anda sudah bisa mendapatkan closet jongkok yang bagus.

  1. Kombinasi closet duduk dengan posisi jongkok

Sekarang ini sudah banyak orang yang menyadari jika posisi duduk ketika buang air besar mungkin tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. Maka dari itu sekaran sudah banyak produsen yan menyediakan pijakan kaki tambahan pada closet duduk tujuannya supaya dapat membentuk posisi sempurna saat buang air besar.

Demikianlah perbandingan closet jongkok vs closet duduk. Ternyata closet jongkok masih lebih unggul dari segi kesehatan. Tetapi dari segi tampilan dan fitur closet duduk lebih unggul. Untuk memilih lebih baik mana closet jongkok dengan closet duduk kembali lagi kepada apa yang Anda butuhkan, semua itu kembali lagi kepada Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membuka wawasan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jenis toilet yang mana.

ByAdmin

Cara membersihkan kolam renang sendiri dengan mudah

Cara membersihkan kolam renang sendiri dengan mudah

Mempunyai kolam renang pribadi adalah sebuah hal yang di idamkan oleh banyak orang. Selain membuatnya membutuhkan biaya yang tidak murah, merawat kolam renang juga berarti membuat Anda harus rajin – rajin membersihkannya.

Karena kolam renang harus dibersihkan secara rutin supaya tidak menimbulkan kotoran yang menumpuk dan lumut. Perawatan kolam renang inilah yang membuat kebanyakan orang kesulitan. Selain ukurannya yang cukup besar, terdapat banyak langkah yang harus dilakukan dalam membersihkan kolam renang.

Cara membersihkan kolam renang sendiri dengan mudah

Cara membersihkan kolam renang sendiri dengan mudah

Apa lagi jika Anda membersihkannya sendiri, tentu akan memakan waktu dan energi. Bagi Anda yang baru memiliki kolam renang dan belum tahu cara membersihkannya, yuk simak penjelasan mengenai cara membersihkan kolam renang pada ulasan di bawah ini.

Cara membersihkan kolam renang

Merawat kolam renang merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Terkadang membersihkan kolam akan memakan banyak energi dan waktu. Terlebih jika luas kolam renang lumayan besar. Tentu akan membutuhkan energi yang lebih banyak dan waktu yang cukup lama.

Meski begitu, membersihkan kolam renang adalah sebuah keharusan yang harus dilakukan. Kolam renang dengan kondisi yang bersih tentu akan membuat kolam renang menjadi lebih sehat. Kolam renang yang bersih juga tidak akan ditumbuhi lumut.

Jika lumut tumbuh, tentu ini sangat berbahaya bagi Anda dan keluarga ketika sedang berenang, karena lumut dapat membuat lantai kolam renang dan tangga menjadi sangat licin yang bisa membahayakan pemakainya.

Selain itu kolam renang yang bersih juga akan sedikit mikroba yang hidup di dalamnya, sehingga cukup aman jika Anda dan keluarga berenang di dalamnya.

Menyikat kolam renang

Hal yang sering menjadi masalah pada kolam renang adalah tumbuhnya lumut pada lantai kolam renang. Oleh karena itu, Anda perlu menyikat kolam renang secara berkala.

Anda bisa menguras air kolam renang terlebih dahulu, kemudian menyikat lantai dasar kolam renang, dinding dan pegangan tangga pada kolam renang agar bersih dari lumut dan kotoran lakukan dengan telaten dan menyeluruh.

Perawatan kolam renang yang satu ini sangat penting agar pegangan tangga kolam renang tidak licin. Jadi keluarga tetap aman ketika sedang berenang. Gunakan sikat bersih dan sabun untuk memudahkan Anda dalam membersihkan kolam.

Vacuum kolam renang

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan setelah menyikat kolam renang adalah melakukan vacuum pada kolam renang. Cara menjaga kolam renang yang satu ini perlu dilakukan untuk membuat lantai kolam renang semakin bersih setelah disikat.

Anda bisa menggunakan vacuum kolam manual dengan kekuatan hisap seperti vacuum cleaner untuk debu agar penyaring kolam renang tidak rusak.

Karena dengan menggunakan vacuum dengan daya hisap yang kuat, biasanya bebatuan pada saringan kolam juga akan ikut terhisap sehingga membuat penyaring kolam rusak. Usahakan untuk benar-benar memperhatikan kolam renang dalam tahapan cara membersihkan kolam renang yang satu ini.

Periksa filter air secara berkala

Dalam melakukan perawatan kolam renang hal yang paling penting yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa filter air secara berkala, semakin sering maka semakin baik.

Cara merawat kolam renang dengan memeriksa filter air secara berkala sangat penting karena biasanya muncul lumut dan kotoran yang dapat merusak filter air kolam renang lho! Pada tahap ini Anda harus benar – benar teliti dalam melakukan pemeriksaan filter air supaya tidak ada kotoran yang terlewatkan.

Memberikan klorin pada kolam renang

Jika Anda sudah melakukan tahapan-tahapan di atas, tentu Anda akan mengisikan kolam renang dengan air kembali. Saat kolam renang sudah terisi kembali dengan air, Anda bisa menggunakan klorin untuk membuat kolam renang tetap bersih. Klorin adalah desinfektan yang sangat efektif jika digunakan pada air.

Klorin biasanya dikenal juga sebagai kaporit. Bahan kimia yang satu ini bisa membantu menjernihkan air pada kolam dan membunuh mikroba pada air.

Namun sangat penting untuk memberikan takaran klorin yang sesuai agar bahan kimia ini tidak menyebabkan bahaya karena jika tidak sesuai dapat menyebabkan iritasi pada mata.

Anda bisa memberikan klorin ke kolam renang pada sore hari agar kadar klorin dalam air tidak menurun akibat sinar matahari. Umumnya kolam renang diberikan klorin seminggu sekali untuk menjaga air tetap jernih.

Memberikan cyanuric acid

Jika Anda ingin pH dalam air seimbang, tidak cukup hanya menggunakan klorin pada kolam renang. Anda bisa menambahkan cyanuric acid yang bisa membuat pH air menjadi netral.

Biasanya cyanuric acid ini telah terkandung di dalam tablet klorin, hanya saja tidak semua produk klorin menambahkan cyanuric acid. Anda bisa menggunakan cyanuric acid secara terpisah. pH air yang direkomendasikan adalah 7,2-7,8.

Memberikan algaecide

Cara merawat kolam renang lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan algaecide. Bahan kimia ini adalah surfaktan yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya lumut di lantai dan dinding kolam renang. Anda bisa menambahkan algaecide sehari setelah memberikan klorin pada air kolam renang.

Itulah beberapa informasi mengenai pentingnya merawat kolam renang dan cara membersihkan kolam renang sendiri dengan mudah. Semoga dengan ulasan diatas dapat membuat Anda menjadi lebih paham tentang bagaimana cara membersihkan kolam yang baik.

Jangan lupa juga untuk selalu teliti ketika membersihkan kolam renang supaya tidak ada bagian yang terlewat. Semoga bermanfaat!

ByAdmin

Mobil toilet portable

Mobil toilet portable

Terkadang sebuah event outdoor kurang memiliki fasilitas yang memadai. Apalagi jika urusan kamar kecil yang mungkin jarang disediakan dalam jumlah banyak. Anda kini bisa mengatasinya dengan sewa mobil toilet portable keliling.

Merupakan sebuah kebutuhan alat cuci kakus temporer outdoor. Sudah pasti memiliki berbagai fasilitas di dalamnya sehingga bisa memenuhi berbagai kebutuhan umum.

Untuk menemukan jasa sewa, sekarang sangatlah mudah. Banyak orang yang menjalankan bisnis tersebut karena sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Namun, Anda harus bisa membedakan jasa yang terpercaya dan profesional.

Mobil toilet portable

Mobil toilet portable

Jasa sewa mobil toilet portable keliling

Mobil toilet portable adalah toilet yang didesain khusus dengan tujuan agar orang dapat lebih mudah mencari toilet tanpa harus bingung mencari tepat untuk dapat ke toilet.

Pada umumnya, mobil toilet portable memiliki ukuran yang tidak terlalu luas dengan bentuk yang sederhana dalam warna kuning atau biru atau warna yang lainnya. Di Indonesia, mobil toilet portable sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Karena masyarakat Indonesia telah banyak yang melakukan kegiatan di luar atau melakukan banyak acara-acara besar di lapangan ataupun berbagai tempat yang terpencil. Saat kita melakukan kegiatan tanpa adanya tempat toilet, tentu menjadi suatu kekurangan yang cukup fatal.

Hal ini tentunya akan membuat orang tidak mau lagi untuk mengikuti acara tersebut karena kurangnya perlengkapan tersebut. Pasalnya, orang akan merasa kebingungan untuk mencari tempat untuk melakukan buang air saat acara terselenggara.

Kelebihan jasa kami sewa mobil toilet portable keliling

Sewa mobil toilet portable keliling dibuat khusus dengan tujuan yang lebih mudah dicari oleh orang banyak. Nantinya orang lain tidak akan bingung di mana letak toilet tersebut. Sudah banyak yang tahu bahwa ukuran toilet ini tidak terlalu luas.

Bentuk atau motif yang diselipkan hanya sederhana dalam warna kuning dan biru. Bisa juga saat itu ada warna lainnya. Anda yang sudah familiar pasti mengenal banyak tentang ciri jasa sewa ini. Walaupun tidak berukuran luas, tetapi sudah cukup untuk urusan di kamar belakang.

Adanya sarana tersebut akan memudahkan para tamu yang akan buang air saat berada di event outdoor. Sistem kerjanya juga sama dengan toilet umum. Material pembuatannya juga lebih ringan daripada toilet umum biasa.

Dijamin toilet selalu bersih & terawat

Sewa mobil toilet portable keliling menyediakan fasilitas lengkap dengan kebersihannya. Karena berbasis kamar kecil portable, maka kebersihan menjadi pilihan yang utama. Anda yang menggunakan toilet ini tidak perlu merasa canggung.

Sudah pasti setiap toilet memiliki kebersihan yang memberikan rasa nyaman. Namun, perlu diingat ketika Anda akan menggunakan kloset, alangkah baiknya membersihkan sekeliling tempat duduk dengan tissue yang sudah tersedia. Hal ini mengantisipasi adanya penularan sumber penyakit.

Toilet portable juga dilengkapi dengan sarana ventilasi. Memiliki tujuan sebagai jalan keluar masuknya udara agar tidak pengap. Sama halnya dengan ventilasi yang ada di septic tank yang juga bertujuan untuk keluar masuknya udara.

Tersedia versi wc duduk & jongkok

Sewa mobil toilet portable keliling memiliki berbagai kelebihan untuk para kliennya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya fasilitas WC duduk dan WC jongkok. Nantinya klien bebas menyewa toilet tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Tentu keduanya memiliki harga sewa yang berbeda. Namun, pada dasarnya memiliki fasilitas yang sama. Seperti kran air, bak air, tissue, dan gantungan baju. Semua yang diberikan adalah bentuk pelayanan untuk mempermudah penggunanya.

Tidak perlu khawatir terkait dengan sistem pembuangan di belakang. Mobil toilet biasanya juga sudah menyediakan septic tank guna menampung sisa pembuangan para pengguna. Sehingga dijamin aman dan nyaman.

Beragam jenis, toilet standar dan khusus VVIP

Nah, berkenaan dengan jenis toilet yang akan disewa, sebaiknya menyesuaikan tamu undangan. Pasalnya, tersedia toilet dengan fasilitas standar dan toilet berkelas VVIP. Saat acara yang dihadiri oleh orang besar, pastinya menggunakan toilet kelas VVIP.

Spesifikasi mobil toilet

Mobil toilet portable merupakan salah satu jenis produk portable toilet modern yang terdiri dari kamar mandi, WC umum, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Dengan adanya keahlian para pekerja yang handal, demi memperoleh hasil yang sesuai dengan keinginan konsumen, jenis toilet ini dimodifikasi dengan kendaraan untuk mengaplikasikan toilet portbale di dalamnya.

Dalam 1 unit mobil toilet terdiri dari 4 unit toilet portable yang telah mempunyai spesifikasi sangat lengkap. Mulai dari kamar mandi, tempat buang air kecil, tempat buang air besar, serta ruang ganti.

Mobil toilet juga hadir dengan fasilitas lengkap seperti kran, cermin shower, closet, gantungan, wastafel, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan fasilitas serta spesifikasi peralatan dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen atau standar dari yang disediakan.

Sewa mobil toilet keliling, acara outdoor makin meriah

Toilet merupakan kebutuhan yang wajib ada di setiap acara. Sudah pasti sebagian besar dari tamu undangan yang hadir membutuhkan toilet. Entah digunakan untuk buang air atau sekedar touch up agar terlihat lebih rapi.

Sewa mobil toilet portable keliling banyak dijumpai di acara outdoor. Misalnya konser musik, pesta, syuting, dan lain sebagainya. Hal ini akan berguna bagi mereka yang membutuhkan toilet secara urgent.

Untuk menyewa mobil toilet tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan acara. Mulai dari jumlah tamu yang hadir, jenis acara, dan lain sebagainya. Memilih persewaan haruslah yang terpercaya.

Biasanya jasa sewa yang terpercaya akan menyediakan petugas kebersihan untuk membantu pelayanan pada kliennya. Adanya petugas kebersihan memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Karena kebersihan akan terjamin setiap saat.

Bisa sewa mobil toilet harian atau bulanan

Karena kebutuhan toilet memang cukup peting tak heran bila setiap event selalu menyediakannya. Apalagi perusahaan besar yang menyediakan event dalam waktu lama. Biasanya mereka akan menyewa toilet lebih lama sesuai dengan selesainya acara tersebut.

Sewa mobil toilet portable keliling menyediakan sistem sewa harian hingga bulanan. Hal ini mengantisipasi kebutuhan klien yang mengadakan event cukup lama. Tentu saja harga sewa harian dengan bulanan memiliki perbedaan.

Harga sewanya lebih murah yang bulanan karena bisa mendapatkan potongan harga. Namun, sebelum itu harus dipastikan waktu dan tempat persewaan. Sehingga pihak penyewa bisa memberikan pelayanan yang maksimal.

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa sewa terkait waktu dan tempatnya. Hal ini mengantisipasi adanya kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Selain itu, Anda juga bisa melakukan negosiasi harga dengan persewaan mobil toilet.

Sewa mobil toilet portable keliling menyediakan karyawan yang ramah dan sopan. Mereka akan melayani setiap pelanggan dengan bijak. Tak heran bila semua pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Anda tidak perlu ragu lagi dengan jasa sewa ini bisa dipastikan semua fasilitas sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Sehingga semua kebutuhan bisa dipastikan kedatangannya sesuai dengan hasil diskusi antara kedua belah pihak.

Tak hanya itu saja, semua fasilitas yang ada di toilet bisa digunakan sebagaimana mestinya. Pelanggan akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan dari pelayanan tersebut.

Segera pesan jasa sewa mobil toilet portable keliling untuk mendapatkan semua fasilitas menarik. Anda juga bisa menghemat biaya pengeluaran dengan sewa bulanan.

ByAdmin

Cara mengatasi wastafel mampet mudah untuk dilakukan

Cara mengatasi wastafel mampet mudah untuk dilakukan

Penyebab wastafel mampet memang banyak, mulai dari yang paling sering adalah karena adanya endapan kotoran yang menumpuk di pipa pembuangan, sampai kesalahan penanganan yang dilakukan. Jika hal ini sudah terjadi yang pasti Anda lakukan adalah mencari cara mengatasi wastafel mampet. Pada artikel kali ini akan membahas tentang beberapa cara mengatasi wastafel tersumbat tersebut, seperti :

Cara mengatasi wastafel mampet mudah untuk dilakukan

Cara mengatasi wastafel mampet mudah untuk dilakukan

  1. Menggunakan plunger

Cara mengatasi wastafel tersumbat yang pertama adalah dengan menggunakan plunger. Ini adalah salah satu alat yang paling umum digunakan, dan juga paling aman.

Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengisi wastafel dengan air, hingga setengahnya. Kemudian gunakan alat tersebut, tepat pada tutup pada lubang wastafel. Lakukan gerakan Tarik dan menyedot selama beberapa kali, agar menyedot kotoran yang ada di dalam wastafel itu sendiri. Lakukan secara perlahan, ketika air meluap, maka kotoran pun akan ikut terbawa. Anda dapat melakukan teknik tersebut selama beberapa kali, agar wastafel tidak lagi mampet. Jika sudah bersihkan dan keringkan wastafel tersebut.

  1. Menggunakan cairan lemon

Adapun cara mengatasi wastafel mampet yang kedua adalah dengan menggunakan cairan lemon. Caranya adalah dengan memotong buah lemon menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan pada pinggiran lubang lubang aliran air di wastafel tersebut. Lalu  peras air jeruk lemon, dari jeruk yang sudah dipotong tersebut, masukkan air perasan tersebut tepat di saluran pembuangan air.

Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Berikutnya siram saluran pipa tersebut menggunakan air panas, dan gunakan juga plunger untuk menarik kotoran yang menyumbat.

Yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan terlalu sering menyiram air panas ke saluran pembuangan, karena hal tersebut akan merusak pipa tersebut.

  1. Menghubungi jasa saluran air mampet

Apabila beberapa cara diatas, masih belum mampu mengatasi wastafel yang tersumbat, jangan khawatir. Anda dapat menghubungi jasa wastafel mampet. Dengan menggunakan penyedia jasa seperti ini, maka saluran wastafel yang mampu dapat diatasi dengan mudah cepat, dan juga praktis. Saat ini orang lebih memilih menggunakan bahan kimia untuk membersihkan wastafel yang tersumbat, namun yang tidak banyak orang sadari adalah penggunaan bahan kimia terlalu sering, justru ternyata merusak saluran pipa pembuangan air pada wastafel itu sendiri. Lain halnya ketika menggunakan jasa wastafel mampet tersebut, sudah pasti pihak penyedia jasa tahu bagaimana cara mengatasi wastafel mampet dengan baik, dan pastinya aman bagi saluran air tersebut.

Untuk itu, sebaiknya pilih jasa saluran mampet yang terpercaya, dan sudah mempunyai lisensi dengan standar ISO, seperti Mulya Jasa.

Dari pembahasan diatas tentunya dapat disimpulkan, jika merawat saluran kitchen sink atau saluran wastafel, rumah, restoran dan yang lainya terbilang penting. Dengan melakukan maintenance atau merawat secara teratur. Alhasil membuat saluran air menjadi tidak mudah mampet atau bahkan rusak. Apalagi jika Anda menggunakan penyedia jasa maintenance wastafel mampet yang tepat, maka masalah maintenance, hingga cara mengatasi wastafel mampet akan dilakukan secara lebih mudah, praktis dan juga lebih cepat.

error: Content is protected !!