Cara menghilangkan bau tidak sedap di toilet

ByAdmin

Cara menghilangkan bau tidak sedap di toilet

Cara menghilangkan bau tidak sedap di toilet

Toilet yang bersih dan wangi membuat nyaman dan betah bagi penggunanya. Dan ini bisa menjadi masalah yang serius jika Anda tidak terbiasa untuk membersihkan toilet secara rutin. Kenapa ? karena toilet yang kotor akan mudah menjadi sarang penyakit seperti diare dan yang pasti amat sangat mengganggu adalah bau yang tidak sedap akan keluar dari kamar mandi tersebut.

Penyebab utama munculnya bau yang tidak sedap ini disebabkan penumpukan kuman seperti bakteri dan jamur di area toilet ? percikan urin ataupun sisa – sisa kotoran merupakan tempat hidup kuman yang utama. Bibit – bibit kuman tersebut akan terus berkembang biak jika Anda tidak memperhatikan kebersihan toilet. Selain itu penyebab munculnya bau bisa juga disebabkan oleh sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik dan sistem pembuangan yang tidak terinstalasi dengan baik pula.

Cara menghilangkan bau tidak sedap di toilet

Cara menghilangkan bau tidak sedap di toilet

Toilet dirumah Anda bau begini solusinya ?

Menjaga kebersihan toilet/ WC adalah syarat mutlak mendapatkan kamar mandi yang bersih dan wangi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan bau tidak sedap di toilet :

  1. Bersihkan toilet / WC secara rutin

Membersihkan toilet sebetulnya sama seperti membersihkan ruangan lain, namun perlu trik khusus agar tidak terjadi kerak pada toilet. Cara terbaik mencegah kerak noda membandel adalah membersihkan toilet setiap kali selesai digunakan. Harap diperhatikan sebelum Anda membersihkan toilet untuk mencegah dan menghilangkan bau tak sedap di toilet/WC maka pastikan dulu seluruh perlengkapan kamar mandi seperti keset, handuk dan lain – lain sudah dikeluarkan, jangan lupa juga gunakan sarung tangan karet dan pastikan Anda mendapat sirkulasi udara yang cukup saat berada di dalam kamar mandi. Sikat bagian kloset menggunakan sikat WC berbahan plastik yang telah dicelupkan larutan pembersih untuk menggosok kloset. Anda bisa menggunakan larutan pembersih khusus toilet yang banyak dijual di pasaran agar lebih praktis seperti karbol atau yang dilengkapi pewangi juga. Sementara untuk menghilangkan kerak yang sudah terlanjur terjadi. Anda dapat menggunakan larutan pembersih yang lebih kuat seperti yang mengandung boraks. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sikat seluruh permukaan lantai dan dinding kamar mandi. Setelah itu bilas hingga bersih, keringkan dinding kamar mandi menggunakan lap begitu pula pada bagian dudukan kloset bila Anda menggunakan kloset duduk.

  1. Sirkulasi udara yang baik di toilet/ WC

Selain jarang dibersihkan penyebab bau tidak sedap dikamar mandi adalah kurangnya sirkulasi udara sehingga kamar mandi terasa lembap, pengap dan berbau. Jika Anda berencana hendak membuat kamar mandi maka pastikan terdapat lubang sirkulasi udara yang cukup di kamar mandi. Bila Anda sudah terlanjur memiliki kamar mandi tanpa sirkulasi udara yang cukup, maka cara alternatifnya adalah dengan memasang exhaust fan di atap sehingga udara yang terjebak di kamar mandi dapat terbuang dan terganti dengan udara baru.

  1. Memakai pengharum toilet/ WC

Untuk menghilangkan bau tidak sedap di toilet/WC selanjutnya Anda bisa menggunakan pengharum ruangan pada toilet rumah Anda. dengan menggunakan pengharum ruangan bau tak sedap akan diserap dan diganti dengan bau wewangian. Anda dapat menggunakan minyak esensial dengan aroma kesukaan Anda, untuk mengusir dan menghilangkan bau tak sedap di toilet dan kamar mandi. Anda dapat meletakan minyak esensial tersebut pada wadah atau Anda juga bisa mengunakan diffuser khusus.

Nah itulah cara menghilangkan bau tidak sedap di toilet yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang sangat peduli terhadap lingkungan dan ingin “back to nature” dengan meminimalisir penggunaan bahan kimia, Anda pun dapat mencoba cara yang alami.

Ada aneka bahan alami yang biasanya kita gunakan sehari-hari sebagai bahan makanan / minuman ternyata cukup efektif membersihkan WC dan menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Bahan alami untuk menghilangkan bau tidak sedap di toilet :
  1. Cuka

Asam asetat cukup efektif menghilangkan noda dan bau tak sedap di toilet. Caranya cukup mudah yaitu siramkan cuka ke seluruh permukaan kloset lalu gosok dengan sikat WC dan bilas hingga bersih.

  1. Ampas kopi

Menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau tak sedap di toilet/ WC. Tambahkan air panas dan sedikit garam pada ampas kopi lalu aduk kemudian siramkan ke lubang WC, biarkan beberapa saat sampai baunya menghilang, lalu bilaslah.

  1. Arang kayu

Arang kayu berfungsi menyerap bau. Anda dapat meletakan beberapa bongkah arang di mangkok kecil lalu letakkan di sudut-sudut WC untuk menyerap bau tak sedap di toilet.

Sedikit tips dan trik bagaimana solusi mengatasi toilet / WC bau. Jika Anda sudah melakukan cara-cara yang kami sebutan di atas tetapi tidak ada perubahan atau mengalami kendala, jangan ragu segera hubungi kami untuk konsultasi gratis atau untuk pemesanan jasa terima kasih.

About the author

Admin administrator

Leave a Reply

error: Content is protected !!