Kebocoran di rumah yang bisa anda perbaiki sendiri

Kebocoran di rumah yang bisa anda perbaiki tanpa bantuan tukang ledeng

Entah Anda tinggal di rumah atau apartemen, masalah kebocoran sangat umum terjadi dan harus segera diatasi guna menghemat air. Dan pasti Anda tidak ingin memanggil tukang ledeng setiap terjadi kebocoran. Karena berbagai alasan mulai dari efisien waktu sampai untuk menghemat pengeluaran. Berikut ini adalah tips untuk memperbaiki kebocoran tanpa bantuan tukang ledeng untuk menghemat pengeluaran Anda.

  1. Kebocoran shower

Jika shower di rumah Anda bocor, kemungkinan hanya ada masalah sederhana yang perlu Anda perbaiki. Kepala shower biasanya akan menjadi longgar dari pegangganya akibat pemakaian dari waktu ke waktu. Biasanya Anda hanya perlu mengencangkan pegangan shower dengan memasangkan kembali kepala shower dan pergunakan isolasi pipa untuk menutup pipa di sekitar kepala shower supaya bisa erat. Isolasi pipa ini biasanya tersedia di toko bangunan. Selain itu, Anda mungkin juga perlu mengecek mesin di dalam shower yang berbentuk seperti cincin di bagian dalam kepala shower.

  1. Kebocoran kran

Selain sangat mengganggu, kebocoran kran air juga sangat memboroskan hingga galonan air per hari. Penyebab paling umum dari kebocoran kran biasanya adalah gasket yang sudah usang. Jadi sebenarnya sangat mudah untuk memperbaikinya.

Pertama, pastikan garis air Anda di bawah wastafel sebelum Anda membuka kran. Atau paling aman, matikan listrik untuk mematikan saluran air. Jika Anda memperbaiki kran di wastafel, pastikan Anda menutup bagian pembuangan untuk menghindari hilangnya benda – benda kecil seperti baut jika ada. Lalu tutupi bagian luar kran dengan isolasi sehingga saat Anda membuka dengan kunci, kran tak akan lecet. Kemudian, ambil setiap bagian kran dan pasangkan kembali begitu Anda selesai mengganti mesin atau gasket yang usang. Jika bingung, ada banyak tutorial cara memperbaiki kran bocor di internet Anda tinggal mencarinya dan mengikuti panduannya.

  1. Kebocoran pemanas air

Kebocoran di rumah yang bisa Anda perbaiki sendiri yaitu, pemanas air lazim digunakan di daerah pegunungan dan beberapa di apartemen. Pemanas air tampak seperti alat yang sangat mengintimidasi dan karena hal inilah banyak yang takut memperbaikinya sendiri jika terjadi kebocoran. Namun, apakah Anda tahu bahwa air yang Anda temukan di bawah pemanas air Anda mungkin sebenarnya bukan kebocoran?

Mungkin saja itu adalah kondensasi dari luar pemanas yang menetes ke lantai. Jika Anda sudah menemukan bahwa ada air yang memancar dari selang pemanas, segera tutup katup air (biasanya pegangan berwarna merah dekat dengan pipa).

Jika katup rilis suhu bocor, mungkin hal ini disebabkan karena pengaturan suhu terlalu tinggi, yang dapat diperbaiki dengan petunjuk manual dengan sebuah kunci Anda miliki di rumah.

Jika Anda mendeteksi korosi atau cacat lain yang lebih berbahaya, jangan ambil risiko. Panggil tukang ledeng untuk menanganinya sebab diperlukan tukang yang berpengalaman untuk menanganai hal seperti ini.

  1. Kebocoran toilet

Diantara semua masalah kebocoran, kebocoran toilet biasanya memang yang paling menakutkan jika terjadi. Siapa yang mau menghadapi sesuatu yang merembes keluar dari toilet kan? Tapi, Anda bisa memperbaikinya sendiri jika kebocoran tersebut berasal dari dasar toilet. Anda mungkin hanya perlu mengencangkan baut yang mengikat toilet ke lantai.

Namun, bisanya salah satu penyebab utama kebocoran toilet adalah disebabkan bagian flapper yang sudah usang. Flapper yaitu gasket karet yang memungkinkan mekanisme pembilasan berjalan. Flapper biasanya memang sering menjadi usang atau tertumpuk oleh deposit mineral dan pembusukan. Untuk memudahkan Anda memperbaiknya, tutorial cara memperbaiki toilet bocor atau melakukan penggantian flapper banyak tersedia di Youtube.

Itulah beberapa masalah kebocoran di rumah yang bisa Anda perbaiki tanpa bantuan tukang. Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana mengatasinya semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda ketika mengalami masalah yang sama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!