Membuat desain kamar mandi untuk tempat wudhu

Cara membuat desain kamar mandi untuk tempat wudhu yang unik

Mempunyai rumah impian dengan konsep yang islami memang harus tahu beberapa hal penting untuk diperhatikan. Terutama, dalam menyediakan tempat wudhu untuk melaksanakan shalat. Sebagai orang yang lebih banyak melakukan wudhu di rumah, diwajibkan mempunyai tempat wudhu pribadi dirumah kan? Biasanya banyak rumah yang menerapkan desain kamar mandi untuk temapt wudhu.

Artinya mereka menepatkan tempat wudhu yang diletakkan di dalam kamar mandi. Tapi, hal ini justru akan membawa kekhawatiran akan sah atau tidak sahnya wudhu yang dilakukan. Sebab, kamar mandi identik dengan hal – hal yang najis yang dapat membuat wudhu tidak sah.

Jadi, ada baiknya Anda mengubah desain kamar mandi untuk tempat wudhu agar ibadah menjadi lebih sah. Bagaimana caranya? Nah, berikut terdapat tips dari kami yang bisa Anda ikuti.

  1. Toilet jangan membelakangi ataupun menghadap kiblat

Hal pertama yang paling penting untuk mendesain toilet adalah jangan biarkan toilet menghadap atau membelakangi kiblat. Lebih baik, desain toilet menghadap ke lawan arah kiblat, yaitu utara atau selatan.

  1. Berikan pembatas antara kloset dengan tempat wudhu

Yang kedua adalah, berikan pembatas antara kloset dengan tempat wudhu. Tujuannya, untuk menghindari percikan najis yang kemungkinan akan berada pada lantai pijakan tempat wudhu. Dengan adanya pembatas, membuat percikan tersebut akan jatuh pada dinding yang ada.

  1. Desain lantai dengan ketinggian berbeda

Biasanya lantai kamar mandi sama rata untuk setiap sudutnya. Jika tempat wudhu berada pada kamar mandi, lebih baik untuk memberikan ketinggian yang berbeda antara tempat wudhu dengan kloset ataupun keran shower untuk mandi.

Usahakan bagian dengan kloset dan shower lebih rendah dari lantai tempat wudhu yang akan dibuat supaya menghindarkan aliran air setelah mandi tergenang di lantai tempat wudhu.

  1. Letakkan keset karet anti slip di tempat wudhu

Yang terakhir yaitu meletakkan keset karet di lantai tempat pijakkan kaki saat berwudhu. Akan lebih baik, apabila kaki tidak langsung menyentuh lantai dan bisa menghindari lantai licin yang dapat berakibat fatal ketika menggunakannya.

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan saat mengubah desain kamar mandi untuk tempat wudhu dirumah. Yang paling penting, jagalah selalu kebersihannya supaya wudhu dan shalat yang Anda lakukan sah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!