Solusi mengatasi kamar mandi bocor

ByAdmin

Solusi mengatasi kamar mandi bocor

Solusi mengatasi kamar mandi bocor sampai tuntas

Artikel kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi kamar mandi bocor, sebelum masuk ke inti pembahasan ada baiknya mengetahui dulu langkah yang bisa Anda ambil untuk mencegah kamar mandi bocor. Mencegah lebih baik dari pada mengobati begitu pepatah yang sering kita dengar.

Untuk langkah pencegahan supaya kamar mandi tidak mengalami bocor yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasang lapisan waterproofing. Jenis waterproofing yang tepat untuk kamar mandi rumah adalah waterproofing coating dan pilih jenis yang non ekspose.

Solusi mengatasi kamar mandi bocor

Solusi mengatasi kamar mandi bocor

Waterproofing coating secara umum merupakan salah satu cara membuat lapisan kedap air pada permukaan beton dengan memanfaatkan material berbahan akrilik dalam wujud cairan polymer. Lapisan hasil coating mampu mencegah terjadinya penetrasi air sehingga mengurangi resiko kerusakan beton.

Metode aplikasinya dapat menggunakan kuas ataupun menggunakan roll. Adapun Jenis coating sangat beragam. Mulai dari segi tampilan, kegunaan dan fungsi serta dipasaran banyak sekali merek dagang yang telah menyediakan produk coating ini.

Cara mengatasi kamar mandi bocor

Kamar mandi yang berada di lantai dua lebih sering mengalami masalah bocor, sehingga merusak plafon dan perabotan rumah yang ada di bagian bawahnya. Untuk memperbaikinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya supaya bisa menentukan solusi yang paling tepat.

  1. Bocor melalui sisi pipa kamar mandi

Paling banyak ditemui pada area seperti ini bocor pada bagian sisi-sis pipa. Air meresap dari pinggir pipa kemudian menetes ke lantai bagian bawah.

Area pipa sering mengalami bocor karena tidak dilakukan grouting saat pembangunan. Bisa jadi area tersebut hanya diisi adukan saat akan aplikasi waterproofing. Sehingga bagian ini terdapat celah yang memungkinkan air di kamar mandi meresap ke dalam beton.

Proses grouting pipa penting untuk dilakukan jika pemasangan pipa menggunakan metode coring beton. Bukan pipa yang langsung ditanam saat pengecoran lantai.

Cara mengatasi kamar mandi bocor melalui pipa dapat dilakukan dengan memasang waterplug dari bagian bawah lantai.

Waterplug adalah semen dengan campuran bahan kimia khusus untuk mempercepat masa seting semen. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup ciping pada sekeliling pipa sekitar 4-5 cm kemudian tambah dengan waterplug.

  1. Kamar mandi bocor melalui retakan beton

Masalah umum yang terjadi, masalah bocor melalui retakan beton air meresap melalui retakan dan menembus beton. Kejadian seperti ini akan merusak plafon bahkan perabot yang ada di bawah area bocor. Segera perbaiki untuk mencegah kerusakan lebih parah.

Cara memperbaiki kamar mandi bocor seperti ini dapat dilakukan dengan metode injeksi beton. Gunakan injeksi epoxy atau polyurethane untuk mengatasinya.

  1. Beton kamar mandi keropos dan bocor

Banyak hal yang menjadi penyebab kamar mandi bocor salah satunya lantai beton keropos. Seharusnya masalah ini tidak terjadi jika beton diperbaiki dahulu saat melakukan pekerjaan waterproofing.

Jika sudah terjadi, mau tidak mau Anda harus memperbaikinya. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan injeksi semen. Biar bagian keropos terisi kembali dengan semen.

Memperbaiki kamar mandi bocor dari bagian atas

Ketiga cara yang sudah dibahas pada poin sebelumnya dapat dilakukan untuk memperbaiki kamar mandi bocor dari bagian bawah. Selanjutnya bisa juga melakukan perbaikan melalui bagian atas atau dari dalam kamar mandi.

Tapi cara ini memerlukan ketelitian untuk mengecek area yang bocor. Bagian mana saja yang menjadi penyebab masalah bocor. Berikut ini cara melakukan pengecekan bocor dari dalam kamar mandi :

  1. Cek bagian pipa pembuangan air dan kloset kamar mandi

Area yang paling sering mengalami masalah bocor adalah bagian sekeliling pipa. Karena beton tidak bisa menyatu dengan material pipa apalagi jika area tersebut dilakukan coring beton saat melakukan pemasangan pipa. Jika menggunakan material grouting untuk mengisi celah bekas coring, mungkin masalah ini tidak akan terjadi.

Cek bagian pipa pembuangan air apakah ada bagian yang retak atau bolong. Jika ada, perbaiki area tersebut menggunakan waterplug.

Area closed juga perlu dicek jika menggunakan kloset duduk, biasanya area tersebut sering menjadi penyebab masalah bocor. Perbaiki dengan menambal area yang rusak dengan waterplug.

  1. Periksa nat keramik kamar mandi

Nat keramik yang rusak sering menjadi penyebab utama kamar mandi bocor melalui celah pada nat keramik yang rusak, air masuk ke dalam beton.

Periksa semua kondisi nat, jika ada yang rusak, segera diperbaiki dengan cara menggantinya dengan yang baru. Gunakan material nat keramik yang berkualitas bagus untuk mencegah masalah seperti ini terulang kembali.

  1. Perhatikan semua sudut pertemuan lantai dan dinding

Bagian sudut kamar mandi merupakan salah satu area yang rentan mengalami masalah bocor. Karena area ini sering tergenang air. Apalagi jika kemiringan lantai keramik tidak bagus, sehingga air menggenang pada bagian pinggir lantai kamar mandi.

Cek semua nat, perhatikan dengan teliti pada bagian pinggir atau sudut lantai. Jika ada kerusakan, segera perbaiki dengan mengganti nat keramik.

  1. Memasang kembali waterproofing pada kamar mandi bocor

Pada banguna yang berumur lebih dari lima tahun pada ruangan kamar mandi pasti banyak mengalami masalah, salah satunya adalah bocor hal ini bisa terjadi karena umur bahan waterproofing yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Jika sudah dalam kondisi seperti ini sebaiknya Anda segera mengganti lapisan waterproofing dengan lapisan yang baru.

Jika ingin mengganti lapisan waterproofing kamar mandi dengan yang baru, maka Anda harus membongkar keramik, screeding kemudian baru bisa memasang waterproofing yang baru.

Jika melakukan pembongkaran keramik, Anda harus menyediakan dana yang cukup besar karena harus mengganti semua keramik lantai kamar mandi dengan yang baru.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa perbaiki juga kerusakan lantai beton. Misalnya ada bagian yang retak, sebaiknya lakukan dengan metode injeksi epoxy sebelum memasang lapisan waterproofing yang baru.

Terima kasih sudah membaca postingan tentang cara mengatasi kamar mandi bocor. Semoga artikel ini bermanfaat.

About the author

Admin administrator

Leave a Reply

error: Content is protected !!