Arti gasket benda kecil yang penting untuk toilet

Simak arti gasket benda kecil yang penting untuk toilet!

Tahukah Anda arti gasket, benda kecil ini yang sangat penting perannya untuk toilet duduk Anda? Gasket toilet duduk berfungsi untuk merekatkan toilet duduk dengan pipa ketika air dan tinja mengalir melalui pipa yang terletak di bawah lantai. Perekat ini sangatlah penting karena untuk menghindari air dan kotoran tinja bocor dan merembes ke lantai kamar mandi.

Gasket toilet duduk ini diletakkan di atas pipa pembuangan sebelum toilet duduk diposisikan. Namun, ketika melakukan peletakkan toilet duduk perlu dilakukan dengan hati – hati, sehingga toilet duduk tersebut tidak akan memiringkan gasket. Jika posisi gasket yang dipasang miring, hal ini bisa mengakibatkan kebocoran. Setelah toilet duduk menyatu dengan gasket toilet duduk tersebut akan ditekan sehingga gasket bisa menempel dengan baik.

Seiring berjalananya waktu, gasket toilet duduk bisa menjadi rusak dan mengakibatkan kebocoran. Jika gasket toilet Anda memiliki lilin, lilin tersebut bisa mengering dan menjadi rapuh karena usia pakai yang sudah lama. Jika hal ini yang terjadi, Anda perlu menggantinya dengan gasket yang baru. Anda bisa membeli gasket yang baru di toko peralatan kamar mandi terdekat di rumah Anda. Gasket toilet hadir dengan beberapa jenis, berikut adalah jenis – jenis gasket kloset duduk:

  1. Wax ring (Cincin lilin)

Jenis gasket ini memiliki tampilan yang menyerupai bundaran dan bagian atasnya dipenuhi oleh lilin. Saat toilet duduk menekan cincin lilin ini, lilinnya akan bekerja sebagai perekat toilet dan pipa yang mampu mencegah kebocoran. Anda dapat menggunakan jenis gasket ini jika flens toilet duduk Anda berada sekitar ¼ inci di atas permukaan lantai.

  1. Felt wax ring (Cincin lilin dengan lem)

Felt wax ring jenis gasket ini dapat digunakan untuk instalasi pada lantai maupun pada dinding. Anda dapat menggunakannya untuk urinal dan toilet duduk yang dipasang di dinding. Bahan felt yang adalah sejenis lem yang ada pada lilin memastikan lilin tidak bergerak saat dan setelah proses instalasi.

  1. Wax ring with sleeve (Cincin lilin dengan lengan)

Flens (flange) toilet duduk yang berada lebih rendah dari ¼ inci dari permukaan lantai membutuhkan cincin lilin yang lebih kuat dari yang biasa. Cincin lilin yang memiliki lengan (sleeve) adalah pilihan yang tepat untuk diaplikasikan.

  1. Sponge gasket (Gasket spons)

Seperti halnya felt cincin lilin, gasket spons bekerja maksimal untuk instalasi toilet yang dipasang di dinding. Walaupun namanya adalah gasket spons, jenis gasket ini terbuat dari karet yang kuat atau silikon. Jenis gasket ini bisa tahan bertahun – tahun lamanya.

  1. Waxless gasket (Gasket tanpa lilin)

Jenis gasket ini terbuat dari bahan yang tahan lama, seperti karet. Namun, gasket ini tersedia dengan flens perekat yang sangat kuat, sehingga cocok digunakan untuk instalasi toilet di lantai. Karena kekuatannya, Anda dapat menggunakan gasket ini berulang kali.

  1. Waxless foam gasket (Gasket busa tanpa lilin)

Waxless foam gasket, sama seperti namanya, terbuat dari busa yang lembut dan memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dari gasket karet biasa. Anda dapat menumpuk gasket ini jika flens toilet duduk Anda berada jauh di bawah lantai. Gasket busa dapat digunakan dengan flens yang terletak ⅜ inci di bawah lantai sampai ⅜ inci di atas lantai.

Anda juga dapat menggunakan jenis gasket ini berkali – kali. Anda bisa memakai gasket berkualitas tinggi, kualitas yang tinggi memastikan air yang mengalir melalui pipa pembuangan dan toilet duduk tidak akan merembes keluar.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai arti dan jenis – jenis gasket toilet duduk. Kami berharap artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Jika Anda berencana mengganti gasket kloset duduk lama dengan gasket baru Anda bisa membelinya di toko peralatan kamar mandi atau juga bisa membelinya di market place usahakan untuk memilih jenis gasket yang berkualitas baik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!