Cara membersihkan jamur di keramik kamar mandi

Cara membersihkan jamur di keramik kamar mandi yang membandel

Seiring waktu pemakaian pertumbuhan jamur keramik membuat kamar mandi menjadi terlihat kotor dan tidak terawat. Hal ini sebetulnya lumrah terjadi, mengingat ruangan kamar mandi seringkali lembap dan memudahkan jamur berkembang biak.

Jamur keramik dapat muncul di hampir semua permukaan kamar mandi. Jika sudah muncul, menghilangkan jamur keramik di kamar mandi bisa jadi pekerjaan yang merepotkan.

Terkadang, meski sudah memakai pembersih jamur keramik kamar mandi yang mahal, namun tetap saja membandel. Mari ikuti pembahasan menarik kali ini mengenai jamur keramik, cara mengatasi, dan tips pencegahannya. Dengan begitu Anda dapat memiliki kamar mandi yang tampak bersih dan berkilau bebas dari jamur.

Penyebab munculnya jamur di kamar mandi

Kebanyakan kasus, kelembapan yang terjebak di sebuah ruangan atau tempat bisa memicu pertumbuhan jamur, terutama di area kamar mandi.

Kondiri ruangan kamar mandi yang hangat dan lembab membuat spora jamur mudah berkembang biak. Tampilan kamar mandi jadi kurang menarik dan dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan keluarga, seperti batuk, iritasi kulit, hidung tersumbat, dan lain –  lain.

Tempat yang paling rentan ditumbuhi jamur di kamar mandi adalah sambungan keramik, sekitar saluran pembuangan, hingga dinding dan lantai keramik. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Lanjutkan membaca sampai tuntas untuk memperoleh informasi yang tepat!

Cara membersihkan jamur di keramik kamar mandi yang membandel

Meskipun ada banyak produk pembersih jamur keramik kamar mandi, Anda juga bisa membuat campuran sendiri di rumah. Bahan – bahan ini murah dan gampang diperoleh, bahkan mungkin biasa ada di rumah. Inilah di antaranya:

  1. Campuran baking soda dan cuka

Menghilangkan jamur keramik yang membandel di kamar mandi dapat menjadi pekerjaan yang menantang. Salah satu metode yang dapat Anda praktekan adalah menggunakan campuran baking soda dan cuku perbandingan 50:50.

Setelah campuran ini diaplikasikan ke area yang terkena jamur, kemudian biarkan beberapa menit supaya campuran tersebut melunturkan jamur yang melekat pada keramik.

Selanjutnya, gunakan sikat lembut atau sikat gigi bekas untuk menggosok area tersebut. Setelah selesai baru bilas menggunakan air bersih.

  1. Air soda

Secara kimia, asam fosfat dalam air soda juga merupakan salah satu komposisi bahan pembersih jamur.

Campurkan air soda dan deterjen pakaian dengan perbandingan 50:50, campur dengan air secukupnya. Kemudian, celupkan sikat gigi bekas untuk menggosok ke area yang terkena jamur.

Anda juga dapat menyemprotkan air soda ke noda jamur dan biarkan sejenak sebelum membersihkannya.

Jika noda masih membandel, teteskan cuka putih agar jamur memudar dan keramik kembali berkilau. Anda juga perlu tahu cara membersihkan nat keramik kamar mandi.

  1. Borax

Langkah alternatif lain untuk menghilangkan jamur di keramik kamar mandi yaitu memakai borax. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur 1 cangkir borax dengan 4 liter air panas. Kemudian, semprotkan atau tuang campuran ini ke area yang terkena jamur. Gunakan sikat halus untuk menggosok sampai jamur luntur dan memudar. Terakhir bilas dengan air bersih dan biarkan mengering.

  1. Campuran borax dan cuka

Campuran boraks dan cuka adalah bahan alami yang bagus untuk membersihkan jamur keramik di kamar mandi. Metodenya hampir sama, Anda perlu mencampur 1 cangkir boraks, 1 cangkir cuka, dan 1 liter air panas.

Setelah itu, aplikasikan ke area yang berjamur dan gosok memakai spons kasar atau sikat gigi bekas. Selain ekonomis, campuran ini juga efektif membersihkan jamur. Tapi ingat, gunakan sarung tangan saat bekerja menggunakan campuran ini.

Tips mencegah jamur di keramik kamar mandi

Kondisi kamar mandi yang selalu basah, membuat berbagai jenis jamur bisa berkembang dengan mudah. Itulah mengapa, kunci mencegah munculnya jamur keramik adalah mengendalikan kelembaban kamar mandi. Berikut adalah beberapa tips pencegahan yang bisa diikuti.

  1. Pastikan sirkulasi udara aman

Kondisi keramik lantai atau dinding di kamar mandi selalu basah setelah dipakai untuk mandi, terutama jika kamar mandi tidak mempunyai ventilasi yang lancar. Maka dari itu, pastikan sirkulasi udara di ruangan kamar mandi mengalir dengan lancar.

Jika memang kamar mandi dirumah Anda belum ada ventilasi, coba pasang exhaust fan untuk mengalirkan udara keluar ruangan dan untuk mengurangi kelembapan.

  1. Keringkan handuk

Bahan – bahan lembut dan yang bisa menyerap air yang ada di kamar mandi, seperti handuk, karpet kamar mandi, dan tirai shower, merupakan tempat yang ideal bagi jamur untuk berkembang. Pastikan setelah pemakaian, handuk dikeringkan dengan baik dan dicuci secara teratur untuk mencegah munculnya jamur kembali.

  1. Periksa ubin retak dan dinding kering basah

Ubin retak atau grout yang rusak dapat memungkinkan air meresap hingga ke dinding atau lantai kamar mandi, sehingga perbaikan harus dilakukan segera. Periksa apakah ada kebocoran air di dekat area keramik.

Pastikan tidak ada keran yang bocor atau pipa yang rusak, karena kebocoran air juga dapat meningkatkan kelembapan di sekitarnya.

Untuk keramik yang berada di area shower, pertimbangkan untuk menggunakan sealant atau pelapis khusus untuk mencegah kelembaban.

Dinding dan lantai keramik yang basah sangat rentan terhadap pertumbuhan jamur, dan sangat sulit untuk menghilangkan jamur yang tumbuh di belakang ubin kamar mandi.

  1. Gunakan coating anti jamur pada keramik

Keramik dinding atau lantai kamar mandi juga bisa memakai finishing semi-gloss yang menciptakan lapisan anti air dan anti jamur. Selain itu, ada produk cat khusus yang diformulasikan mengandung anti-mikroba untuk menghambat pertumbuhan jamur.

  1. Bersihkan secara teratur

Dengan membersihkan keramik kamar mandi secara rutin merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah pertumbuhan jamur. Anda dapat melakukan pembersihan ringan setiap beberapa hari sekali untuk menghilangkan kelembaban dan noda yang bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur. Pastikan untuk membersihkan semua permukaan keramik, seperti lantai, dinding dan ubin kamar mandi.

Jadi itulah beberapa tips untuk membersihkan jamur di keramik kamar mandi. Sekarang, waktunya Anda untuk mengaplikasikan metode di atas untuk menjaga keramik tetap bersih dan bisa tahan lama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!