Cara mengatasi saluran pembuangan air wastafel yang mampet

Cara mudah mengatasi saluran pembuangan air wastafel yang mampet

Jika Anda tidak menggunakan wastafel secara bijak yaitu sering membiarkan kotoran masuk ke dalam saluran wastafel maka bisa mampet kapan saja tanpa terduga. Apalagi jika untuk wastafel cuci piring, bisa saja sisa makanan terbawa masuk hanyut ke dalam saluran pembuangan sedikit demi sedikit lama – lama bisa menjadi penyumbatan.

Masalah saluran wastafel tersumbat akan sangat merepotkan karena nantinya wastafel tidak bisa digunakan secara normal. Jika yang tersumbat adalah wastafel cuci piring dapat menghadirkan permasalahan yang tidak sepele, karena keberadaan tempat cuci piring tersebut sangat penting yang hampir setiap hari akan digunakan.

Nah jika Anda mengalaminya tidak usah panik, karena dapat mencoba untuk mengatasi saluran pembuangan air wastafel yang mampet, sendiri tentu saja dengan cara yang mudah seperti berikut ini:

Menggunakan plunger

Plunger merupakan alat penyedot manual yang dapat digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan wastafel yang mampet, namun ini membuthkan tenaga yang kuat. Cukup letakan pada ujung saluran, tarik beberapa kali untuk membuat kotoran – kotoran yang menempel pada saluran pembuangan terlepas kemudian hidupkan kran air beberapa saat untuk menghanyutkannya.

Jika masih belum berhasil, maka ulangi langkah – langkahnya sampai sumbatan di saluran tempat cuci piring hilang.

Menggunakan garam kerosok

Cara mengatasi saluran pembuangan air wastafel yang mampet selanjutnya menggunakan garam kerosok. Pertama – tama masukan garam kerosok ke dalam ember, lalu tuang air panas. Aduk hingga seluruh garam telah larut, kemudian tuang pada lubang pembuangan air wastafel. Tunggu beberapa jam, kemudian guyur dengan air bersih secukupnya.

Menggunakan soda api

Jika belum berhasil dengan menggunakan kedua cara di atas maka gunakanlah soda api, tetapi cara ini tidak disarankan karena dapat merusak pipa saluran.

Tetapi jika ingin tetap mencobanya, Anda bisa membeli soda api di toko bangunan. Berhati – hatilah dalam menggunakannya, supaya aman pakailah sarung tangan, masker, dan jangan lupa baca petunjuk pemakaiannya.

Jika sudah, buka kemasan lalu masukan soda api secukupnya ke dalam saluran pembuangan wastafel yang mampet. Biarkan sejenak hingga suara gemuruh tak terdengar lagi, kemudian siramlah menggunakan air untuk menghanyutkannya.

Menggunakan baking soda dan cuka

Masukan baking soda ke dalam saluran, sesuaikan dengan seberapa parahnya kondisi sumbatan kemudian tuang cuka secukupnya. Selain untuk meratakan hingga pada sumber sumbatan, reaksi asam akan ditimbulkan dengan adanya pencampuran baking soda dan cuka.

Setelah didiamkan beberapa menit, guyurlah dengan menggunakan air panas untuk menghanyutkan kotoran – kotoran yang telah melunak karena adanya reaksi asam yang ditimbulkan oleh pencampuran antara baking soda dan cuka.

Menggunakan jasa tukang ledeng profesional

Jika menggunakan cara – cara di atas ternyata tidak dapat mengatasi tersumbatanya saluran wastafel, sepertinya Anda harus menggunakan jasa tukang ledeng profesional. Artinya memang harus membongkarnya, mungkin saja ada benda – benda selain kotoran yang secara tidak sengaja masuk ke dalam saluran.

Gunakan tukang ledeng yang berpengalaman supaya Anda mendapatkan hasil yang memuaskan. Biasanya tukang menggunakan peralatan khusus dan juga teknik tertentu untuk melancarkan wastafel yang terumbat.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan sumbatan pada saluran pembuangan wastafel. Selalu jagalah kebersihan dengan tidak membiarkan kotoran-kotoran masuk ke dalam saluran, agar pembuangan menjadi lancar sehingga dapat berfungsi secara maksimal.

Bukan hanya untuk mengatasi saluran pembuangan air wastafel yang mampet saja, cara diatas juga dapat digunakan untuk mengatasi saluran toilet atau wc yang mampet. Semoga bermanfaat jangan lupa juga bagikan artikel ini melalui media sosial Anda supaya lebih banyak lagi orang yang dapat terbantu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!