Kenapa biaya sedot wc mahal

Ini dia 4 alasannya, kenapa biaya sedot wc mahal

Kenapa biaya sedot WC mahal? Ada banyak faktor yang membuat biayanya mahal. Kalau penasaran silahkan simak di sini. Apakah Anda pernah mendengar kasus WC meledak yang menewaskan tukang sedot WCnya? Atau tukang yang tersengat listrik ketika membobok keramik?

Itulah salah satu alasannya, kenapa biaya sedot WC mahal walaupun sesungguhnya sebanding dengan resiko berat yang ditangungnya, termasuk peluang hilangnya nyawa, dan pelayanan yang diberikan.

Untuk Anda yang masih penasaran, artikel ini akan menjelaskan secara detail alasannya. Dan diakhir kami juga akan memberikan tips menghemat biaya sedot WC.

Penyebab kenapa biaya sedot wc mahal

Cara menghitung harga sedot WC bisa bervariasi, yaitu secara borongan, per kubik (1.000 liter), per-tangki, atau per-strip. Biasanya Anda akan dikenakan harga sedot WC 1 tangki mulai Rp550.000 sampai 2 juta rupiah.

Inilah faktor – faktor yang bisa bikin Anda harus merogoh kocek dalam – dalam untuk layanan tersebut.

  1. Teknologi dan peralatan

Untuk melakukan penyedotan tinja atau melancarkan saluran mampet perlu menggunakan peralatan yang menunjang seperti mobil tangki, pompa, selang, dan perangkat lainnya. Semakin panjang selang yang diperlukan untuk menguras WC, semakin mahal biayanya.

Berapa banyak mobil tangki yang diperlukan untuk mengosongkan isi septic tank juga menyebabkan tarif makin mahal.

Terakhir, tingkat kesulitan penyedotan WC atau bikin saluran yang tersumbat kembali lancar juga menentukan berapa rupiah yang harus Anda sediakan. Semakin sulit dan menantang masalahnya, ongkos jasanya tentu semakin tinggi.

  1. Tenaga kerja

Selain teknologi dan peralatan yang mahal, penyedotan WC juga memerlukan tenaga kerja yang ahli dan berpengalaman. Dengan begitu proses penyedotan limbah berlangsung aman dan efisien.

Untuk perusahaan jasa sedot WC profesional, petugas juga dilengkapi alat pelindung diri yang memadai, seperti masker, sarung tangan, dan baju pelindung. Semua peralatan ini  menambah biaya penyedotan WC menjadi mahal.

  1. Pemrosesan limbah septic tank

Setelah limbah dari septic tank Anda berhasil disedot, selanjutnya perlu diproses dengan benar agar tidak membahayakan lingkungan. Ini dilakukan di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja dan proses tersebut memerlukan biaya tambahan.

Perusahaan jasa sedot WC paling tidak harus membayar mulai Rp250.000 untuk membuang limbah di tempat pengolahan ini.

  1. Jarak lokasi

Jarak lokasi pelanggan juga menjadi faktor yang memengaruhi biaya penyedotan WC. Semakin jauh lokasi tempat tinggal atau tempat kerja, semakin tinggi biaya yang diperlukan untuk transportasi, bahan bakar, dan biaya operasional lainnya.

Karena itu, biaya penyedotan WC lebih mahal jika lokasi tempat tinggal atau tempat kerja berada di luar kota atau di daerah terpencil.

Tips menghemat biaya sedot wc

Untuk menghemat biaya kuras WC, alih – alih memilih perusahaan swasta, Anda bisa memanfaatkan layanan sedot WC milik pemerintah yang harga sedot WC-nya relatif lebih murah.

Untuk kawasan Ibukota misalnya, ada Perumda Paljaya, Perusahaan Umum Daerah Milik Pemprov DKI Jakarta. Harga sedot WC Jakarta adalah Rp733.000 flat, dijamin bebas pungli dan tambahan biaya.

Selanjutnya, supaya tidak perlu keluar biaya sedot WC untuk melancarkan saluran tersumbat, pastikan jika tidak membuang sampah ke dalam kloset. Misalnya tidak membuang tisu toilet yang tidak larut dalam air, cotton buds, pembalut dan popok bekas.

Yang terakhir, untuk menghindari septic tank penuh, Anda perlu melakukan penyedotan secara berkala antara dua sampai tiga tahun sekali. Septic tank yang sudah bertahun – tahun tidak dikuras, bisa menyebabkan limbah menjadi lumpur yang lebih sulit disedot.

Alhasil, Anda harus membayar tarif lebih mahal karena tingkat kesulitan pekerjaan yang lebih sulit. Nah, sekarang Anda tentu sudah mendapat gambaran kenapa biaya sedot WC mahal, kan? Jadi rawat septic tank dengan baik agar kinerjanya tetap optimal.

Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan artikel informatif lainnya pada website ini.

Pertanyaan yang seringkali ditanyakan

WC mampet dikasih apa ya?

Jika cara rumahan tidak berhasil, seperti mengatasi WC mampet dengan sunlight, Anda tidak punya pilihan selain memanggil jasa sedot WC.

Pasalnya bisa jadi mampet terjadi bukan karena saluran tersumbat melainkan bak penampungan limbah septic tank sudah penuh.

Jasa sedot WC bayar berapa?

Biasanya Anda akan dikenakan harga sedot WC 1 tangki mulai Rp550.000 sampai 2 juta rupiah.

Berapa lama WC harus disedot?

Antara dua sampai tiga tahun sekali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!