Masalah di kamar mandi dan cara menghindarinya

Masalah di kamar mandi dan cara menghindarinya

Sebagai ruangan yang sering bersentuhan dengan basah dan lembap, kamar mandi termasuk area di rumah yang rentan terhadap kotor dan memerlukan perawatan ekstra. Banyak masalah bisa terjadi di kamar mandi. Contohnya saja kloset mampet, pipa air tersumbat, sampai kamar mandi kotor dan berbau tidak sedap tentunya akan sangat mengurangi kenyamanan Anda ketika menggunakan ruangan tersebut.

Jika desain kamar mandi direncanakan dengan baik dan diikuti dengan perawatan yang memadai, tentu saja masalah di kamar mandi tersebut bisa dihindari. Pada pembahasan kali ini akan membahas masalah yang biasanya terjadi di kamar mandi. Dengan mengetahui masalah – masalah umumnya, Anda bisa melakukan antisipasi supaya kamar mandi menjadi lebih awet dan nyaman ketika digunakan.

  1. Toilet mampet

Kondisi toilet mampet bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yaitu posisi toilet dan pemipaan yang kurang tepat. Untuk menghindari masalah ini terjadi, pastikan kloset ada pada possisi pemipaan yang efisien, dan juga pastikan ukuran pipa saluran air kotor yang digunakan berukuran pas. Hindari pemasangan pipa yang terlalu berkelok karena semakin banyak kelokan, maka akan semakin banyak pula titik – titik tempat menumpuknya kotoran penyebab mampet.

Kloset mampet atau air WC yang susah turun juga bisa disebabkan oleh septic tank yang mulai penuh. Jika masalah ini yang terjadi maka tidak ada solusi lain selain melakukan sedot WC untuk mengosongkan kembali isi septic tank. Dan membuat toilet kembali lancar.

  1. Sink kotor

Selain kloset, wastafel atau sink juga bisa jadi sumber masalah di kamar mandi. Terkadang orang menganggap sepele sink karena sink digunakan hanya untuk menyikat gigi dan mencuci tangan. Namun karena menyepelekan ini, sering kali pemilik rumah lupa untuk menjaga kebersihan sink sehingga kotoran telanjur menumpuk.

Akibatnya wastafel jadi kotor dan bisa jadi saluran sink tersumbat dan menyebabkan bau di kamar mandi. Oleh sebab itu, sebaiknya rutin bersihkan sink setelah digunakan sebelum kotoran menumpuk. Anda juga bisa pilih sink dengan desain yang simpel, tanpa banyak lekukan yang bisa jadi tempat menumpuknya kotoran.

Bila saluran air terlanjur menumpuk, Anda bisa gunakan soda api untuk melancarkannya kembali. Tapi ingat, soda api berisiko merusak pipa apabila terlalu sering dan pipa terbuat dari bahan yang kurang berkualitas.

  1. Lantai licin

Air yang menggenang jadi penyebab lantai licin dan berisiko membahayakan pengguna kamar mandi. Ketika mendesain kamar mandi sebaiknya perhatikan dengan benar kemiringan lantai kamar mandi agar air bisa mengalir dengan baik ke floor drain. Langkah pencegahan berikutnya adalah menggunakan keramik matte atau keramik dengan permukaan yang kasar. Untuk proteksi lebih, Anda bisa memasang lapisan anti-slip khusus lantai kamar mandi.

  1. Kamar mandi lembap

Masalah di kamar mandi lembap bisa jadi penyebab masalah lain di kamar mandi. jika udara sudah lembap, cermin dan saniter akan rentan berlumut. Udara di kamar mandi pun jadi pengap dan bau. Untuk menghindari ini, sebaiknya kamar mandi dilengkapi sirkulasi udara yang baik atau bila tidak memungkinkan untuk ada bukan, gunakan exhaust fan. Saluran air juga harus dijaga kelancarannya agar air tidak menggenang yang bisa membuat kamar mandi lembap.

  1. Dinding kamar mandi terkelupas

Dinding terkelupas biasanya disebabkan oleh udara lembap yang terperangkap di kamar mandi. Dinding yang tidak dilapisi keramik akan mudah rusak dan akan mengurangi keindahan kamar mandi. Anda bisa menghindarinya dengan memasang exhaust fan untuk mengurangi kelembapan udara. Lindungi juga dinding tanpa keramik dengan cat yang tahan air sehingga dinding akan lebih awet.

  1. Serangga masuk kamar mandi

Kecoak merupakan salah satu serangga yang sering masuk dan mengganggu di kamar mandi. Kecoa biasanya datang akibat suasana lembap pada kamar mandi. Kondisi floor drain yang tidak tertutup rapat atau adanya celah pada dinding maupun lantai juga bisa menjadi pintu masuk kecoa ke kamar mandi Anda. Untuk mencegahnya bisa dimulai dengan menjaga kebersihan kamar mandi, dan jangan sampai ada kotoran yang menumpuk yang dapat mengundang kecoa datang.

Pemakaian floor drain yang berkualitas juga bisa membantu Anda untuk menghalau serangga pengganggu ini datang. Namun jika kecoa terlanjur masuk di kamar mandi, Anda bisa mengusirnya dengan menyemprotkan pembasmi serangga dan kemudian menutup akses masuknya kecoa.

Itulah masalah di kamar mandi dan cara menghindarinya. Dengan persiapan desain yang matang, kamar mandi akan awet dan nyaman ketika digunakan. Jangan lupa kunjungi website ini untuk lebih banyak tips dan pembahasan menarik lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!