Penyebab kamar mandi bau yang jarang disadari

Penyebab kamar mandi bau yang jarang disadari

Kamar mandi tipe model lama ataupun kamar mandi model modern tetap harus dijaga kebersihannya. Merawat kamar mandi harus dilakukan secara rutin untuk menghindari kesan kotor, jorok, muncul bau tidak sedap, dan mencegah bakteri mudah berkembang biak.

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan penting yang digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Munculnya bau tidak sedap di kamar mandi, tentu akan mengganggu kenyamanan ketika digunakan.

Sebetulnya, penyebab munculnya bau tidak sedap di kamar mandi bukan dari faktor kebersihan saja loh. Supaya terhindar bau tidak sedap di kamar mandi, Anda bisa mencegah dengan mengetahui penyebabnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penyebab kamar mandi bau yang jarang disadari.

  1. Kotoran yang menyumbat saluran pembuangan

Selain menghalau air kotor mengalir, penyumbatan limbah di saluran pembuangan air kamar mandi akan menimbulkan bau tidak sedap.

Jika kamar mandi Anda mengeluarkan bau, coba cek saluran pembuangan air di kamar mandi, lancar ataukah tersumbat.

Penyumbatan di saluran pembuangan kamar mandi salah satunya ditenggarai oleh rambut rontok. Selain menghalau air kotor untuk mengalir, bila Anda terus membiarkannya, penyumbatan tersebut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  1. Sampah menumpuk di kamar mandi

Kebanayakan orang memilih menaruh tempat samapah di kamar mandi atau toilet dengan tujuan menghindari membuang sampah sembarangan. Tindakan ini sangat benar karena jika membuang sampah seperti bungkus sabun, shampo, dan tisu kedalam lubang kloset bisa menyebabkan kloset tersumbat.

Tetapi ingat hal ini juga bisa menjadi senjata makan tuan, jika tidak diperhatikan. Membiarkan sampah menumpuk pada tempat sampah menyebabkan bau tidak sedap merebak di kamar mandi.

Untuk itu sebaiknya buang sampah yang berada di dalam kamar mandi setiap hari. Selain itu bersihkan tempat sampah secara rutin dengan air panas dan cairan pembersih untuk membunuh kuman dan bakteri yang hingap di tempat sampah.

  1. Ventilasi udara yang buruk

Penyebab kamar mandi bau yang jarang disadari selanjutnya adalah ventilasi udara yang buruk. Keberadaan ventilasi udara di sebuah ruangan sangat penting loh! Karena ventilasi udara berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara tetap terjaga.

Oleh karena itu, kamar mandi pun memerlukan ventilasi udara. Faktor ventilasi buruk berpotensi membuat kamar mandi menjadi bau.

Ventilasi yang buruk di kamar mandi pun menyebabkan ruangan menjadi lembap. Untuk menghindari semua dampak negatif tadi, buatlah ventilasi dengan ukuran yang tidak terlalu kecil.

  1. Handuk yang menumpuk

Jangan menggantung handuk basah hingga menumpuk di kamar mandi karena bisa menjadi penyebab kamar mandi bau loh!

Handuk basah jika tidak dijemur akan lembap dan mengeluarkan bau tidak sedap. Selain itu, handuk lembap rawan digunakan bakteri untuk berkembang biak.

Hindari menumpuk handuk di kamar mandi, lebih baik setelah digunakan langsung jemur handuk di tempat terbuka. Anda juga sebaiknya mengganti handuk seminggu sekali untuk menjaga kebersihannya.

Disarankan mengganti dan membersihkan handuk secara rutin. Setidaknya ganti handuk 5 hari sekali.

  1. Tidak menyiram kotoran dengan benar

Selain digunakan untuk mandi, umunya Anda menggunakan kamar mandi untuk buang air besar dan air kecil. Kedua limbah domestik tersebut memiliki bau yang tidak sedap. Jika Anda kurang bersih atau tidak benar menyiramnya limbah akan meninggalkan bau tidak sedap dan bau pesing.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, pastikan ketika Anda menyiram air ke kamar mandi ataupun kloset hingga benar – benar bersih. Selain itu Anda juga harus melakukan perawatan rutin supaya kamar mandi tetap bersih dan sehat.

Selain itu bau tidak sedap muncul dari kloset juga bisa disebabkan oleh septic tank penuh dengan limbah tinja. Untuk menghindari septic tank penuh Anda bisa melakukan sedot WC secara terjadwal misalnya 2 tahun sekali.

Itulah penyebab kamar mandi bau yang jarang disadari penyebab bau tidak sedap tersebut bisa terjadi di kamar mandi model lama ataupun modern ya. Jika kamar mandi di rumah Anda bau bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor tadi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!