Membersihkan keramik kamar mandi yang kuning

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning

Untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kuning ternyata bisa memakai bahan alamai sampai pembersihan khusus yang gampang didapatkan di pasaran.

Lantai dan dinding kamar mandi yang berwarna kuning bukan hanya terkesan jorok, tapi juga bisa menjadi tanda banyaknya bakteri yang mengendap di lantai dan dinding kamar mandi Anda yang bisa menjadi sumber penyakit, yang bisa membuat Anda beserta keluarga terkena sakit sebab kamar mandi yang kontor. Oleh karena itu, Anda perlu segera memikirkan cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning.

Mengapa lantai kamar mandi berubah kuning?

Perubahan warna lantai kamar mandi menjadi kuning dapat disebabkan oleh banyak faktor. Kelembapan tinggi dan paparan air berlebih bisa menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri, yang menghasilkan noda kuning menempel pada keramik kamar mandi. Pemakaian pembersih berbahan kimia yang tidak cocok juga bisa menyebabkan perubahan warna pada lantai. Sisa sabun, minyak, atau produk perawatan tubuh yang mengendap juga bisa menyebabakan lantai kuning. Selain hal itu, lantai kamar mandi yang terkena sinar matahari langsung juga beresiko mengalami perubahan warna akibat paparan UV.

Anda harus membersihkan keramik kamar mandi satu sampai dua kali dalam seminggu supaya keramik kamar mandi tidak menguning. Jika keramik sudah terlanjur menguning, ada lima cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning untuk mengembalikan kebersihan kamar mandi Anda dan bebas dari keramik yang menguning.

  1. Bersihkan dengan kaporit

Kaporit ternyata bukan hanya berguna untuk campuran air di kolam renang. Bahan kaporit juga bisa menjadi pembersih keramik kamar mandi yang menguning. Cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning memakai kaporit pun sangat mudah, yaitu dengan menyiram air panas ke lantai kamar mandi lalu menuangkan kaporit di atas lantai secara merata.

Biarkan keramik kamar mandi Anda tergenang kaporit panas sekitar 30 menit. Setelah itu, Anda hanya perlu menyikat lantai kamar mandi untuk menghilangkan noda – noda kuning yang membandel. Siram dengan air setelahnya dan noda kuning akan terkelupas.

  1. Menyikat dengan perasan lemon

Bahan alami seperti perasan lemon bisa membantu menghilangkan noda kuning di lantai kamar mandi.

Tidak sulit mengaplikasikan perasan lemon sebagai pembersih lantai kamar mandi. Anda hanya perlu memeras lemon ke sikat atau spons khusus untuk membersihkan kamar mandi. Gunakan sikat tersebut untuk membersihkan lantai kuning kamar mandi yang terkesan jorok dan lembap.

  1. Bersihkan dengan cuka

Cuka bisa digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi. Anda hanya perlu mencampurkan setengah gelas cuka dengan sekitar 10 liter air lalu aduk hingga merata.

Tuangkan larutan cuka yang sudah Anda buat tadi ke dalam wadah semprot. Setelah itu, Anda hanya perlu menyikat lantai kamar mandi sembari menyemprotkan larutan cuka yang sudah Anda buat.

  1. Manfaatkan soda kue

Banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh ketika menggunakan soda kue sebagai pembersih lantai kamar mandi. Soda kue ternyata memiliki sifat antibakteri yang ampuh membasmi kuman dan bakteri di kamar mandi.

Cara menggunakan soda kue untuk membersihkan lantai kamar mandi terbilang mudah. Anda hanya perlu menaburkan soda kue di area keramik yang menguning. Setelah itu, sikat area keramik yang menguning dan berkerak memakai spons lembap lalu segera bilas lantai kamar mandi sampai bersih.

  1. Pakai pembersih khusus kamar mandi

Apabila cara – cara sebelumnya belum memberikan hasil yang memuaskan, sebaiknya Anda memakai produk pembersih khusus kamar mandi. Cukup tuangkan pembersih khusus kamar mandi tersebut ke lantai yang kotor, kemudian sikat sampai bersih.

Sekarang ini, sudah sangat banyak produk pembersih khusus kamar mandi yang bisa Anda pakai untuk membuat lantai kamar mandi bersih dan kinclong. Misalnya saja produk Vixal, Prostek, Harpic pembersih kamar mandi yang dapat untuk menghilangkan noda kuning di lantai kamar mandi dan juga aman digunakan seluruh rumah tangga.

Yuk, segera praktekkan cara – cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning dengan cara di atas. Dijamin ampuh!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!