Tanaman yang bisa mengusir tikus dari rumah

Tanaman yang bisa mengusir tikus dari rumah

Tikus menjadi salah satu hama rumah yang sangat mengganggu dan menjijikan bagi pemilik rumah. Tetapi dengan adanya tikus di area rumah Anda, itu menandakan jika rumah Anda tidak bersih dan banyak tempat – tempat yang jarang dijaga kebersihannya. Maka dari itu Anda sebagai pemilik rumah harus menjaga kebersihan rumah supaya tikus tidak berkeliaran di sekitar rumah lagi.

Tikus yang ada dirumah sebetulnya juga dapat mengundang beberapa penyakit loh. Maka dari itu Anda sebaiknya mencegah dulu, sebelum tikus berkeliaran didalam rumah.

Selain dengan cara membersihkan rumah, Anda juga dapat menanam beberapa jenis tanaman loh, selain untuk memperindah taman dan rumah, Anda bisa menggunakan tanaman ini sebagai pengusir tikus.

Nah, disini kami akan menjelaskan jenis tanaman yang bisa mengusir tikus dari lingkungan rumah Anda. Silahkan Anda simak rangkuman berikut ini.

  1. Cabai rawit

Cabai rawit dikenal dengan salah satu tanaman yang sangat pedas. Tanaman ini bisa membuat rasa panas jika tersentuh tangan. Dan cabai rawit mempunyai bau yang sangat menusuk hidung karena sangat pedas.

Dengan menggunakan cabai rawit pun Anda dapat mengusir tikus diarea rumah. Caranya adalah dengan menghancurkan cabai atau menggunakan bubuk cabai dan dicampurkan dengaan air lalu masukkan ke dalam botol semprotan. Kemudian semprotkan campuran cabai rawit ke area – area yang sering dilalui oleh tikus.

  1. Tanaman mint

Daun mint dikenal mempunyai aroma yang enak. Akan tetapi aroma mint sangat tidak disukai oleh tikus. Sehingga tikus akan menjauhi tanaman ini.

Maka dari itu Anda dapat menanam tanaman mint di taman rumah ataupun disekitar rumah. Selain itu Anda dapat merendam daun mint dengan air panas dan menggunakan air rendaman tersebut untuk disemprotkan di area – area yang sering tikus lalui.

  1. Bawang merah dan bawang putih

Tanaman yang bisa mengusir tikus dari rumah selanjutnya adalah bawang merah dan bawang putih dikenal dengan baunya yang khas dan sangat menyengat ketika dihirup. Selain Anda, tikus juga akan merasakan aroma bawang yang sangat menusuk itu dan mereka akan menjauhi tempat yang ada bawangnya.

Cara penggunaanya pun sangat gampang yaitu dengan menanami bawang merah atau bawang putih di salah satu area rumah atau dengan menggunakan air yang sudah direbus dengan bawang dan disemprotkan ke area – area yang sering ditempati tikus.

  1. Bunga lavender

Bunga lavender termasuk keluarga lamiaceace. Tanaman ini dikenal dengan dapat memudahkan orang tidur. Selain itu lavender mempunyai beberapa manfaat lain seperti memperindah taman, mengusir nyamuk, dan mengusir tikus.

Cara kerja bunga lavender pun sangat mudah, Anda dapat menanam bunga ini ke area taman atau menanam didalam pot dan diletakkan dibeberapa sudut ruangan. Karena aromanya yang sangat khas, maka tikus akan menjauhi tempat yang ditanam bunga lavender.

  1. Bubuk lada

Lada atau yang bisa di sebut dengan merica atau sahang merupakan tanaman yang dikenal memiliki kandungan kimia. Lada mempunyai rasa pahit, pedas dan hangat. Dan lada bubuk mempunyai aroma yang sangat menyengat sebab mengandung senyawa piperin.

Anda bisa menyebarkan lada bubuk ke tempat yang sering dilewati atau ditemui tikus, bisa juga dengan mencampurkannya dengan air secukupnya kemudian disemprotkan ke beberapa tempat didalam rumah.

Dengan memakai tanaman yang bisa mengusir tikus dari rumah seperti diatas, Anda bisa membuat rumah Anda terhindar dari bahan – bahan kimia yang berlebihan didalam rumah. Dengan pemakaian dan cara yang tepat bisa membantu membasmi tikus dari rumah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!