Mendeteksi kebocoran septic tank

Bagaimana cara mendeteksi kebocoran septic tank?

Septic tank memiliki fungsi penting dan berharga dalam sistem sanitasi, namun masih banyak orang yang kurang memperhatikannya.

Septic tank beton meskipun tahan lama, rentan terhadap kerusakan. Jika septic tank pecah limbah akan bocor ke wilayah sekitarnya. Apabila tidak segera ditangani, septic tank yang bocor merupakan bahaya lingkungan yang parah yang dapat menyebabkan pencemaran air dan kerusakan property milik Anda.

Penting untuk mengetahui tanda – tanda septic tank bocor supaya Anda bisa segera memperbaiki masalahnya sebelum makin parah.

Untuk membantu Anda mengenali tanda – tanda septic tank bocor, kami sudah menyiapkan daftarnya dibawah ini.

  1. Muncul bau tidak sedap

Jika Anda mencium bau tidak sedap pada saluran pembuangan atau disekitar area septic tank, hal ini mungkin berarti salah satu penutup sistem rusak atau tidak pada posisinya. Ini bisa berupa penutup lubang akses filter atau penambah tangki septic tank. Gas saluran pembuangan ini juga bisa keluar dari badan tangki itu sendiri, yang berarti badan tangki mungkin retak atau berlubang.

Anda mungkin menyadarinya hanya beberapa menit atau dalam jangka waktu lama. Cobalah untuk mencari tahu di mana tepatnya baunya paling kuat. Apa di sekitar septic tank itu sendiri, saluran pembuangan, atau dari tangki rumah tetangga sebelah? Ingatlah jika bau ini mungkin berasal dari saluran pembuangan, dan itu tidak berarti tangki Anda rusak.

  1. Tumbuh rumput disekitar septic tank yang rimbun

Tumbuh rumput disekitar septic tank yang subur bisa menjadi tanda peringatan lain dari kebocoran septic tank. Ini juga bisa berarti sistem meluap atau pipa di dekatnya rusak atau lepas. Jika saluran pembuangan atau filter Anda tersumbat, hal ini dapat menyebabkan terbentuknya area basah di sekitar saluran pembuangan atau tangki, yang selanjutnya akan menyebabkan lebih banyak tumbuhan yang tumbuh di area tersebut.

  1. Area disekitar septic tank basah

Jika Anda melihat area di sekitar tangki Anda basah, mungkin air tangki septik keluar dari dalam tanah. Namun, pastikan untuk mengesampingkan sistem sprinkler Anda terlebih dahulu, karena hal ini juga dapat menyebabkan area halaman Anda menjadi basah.

  1. Genangan air di sekitar septic tank

Jika tanah terkena kondisi basah dalam jangka waktu lama, sering kali tanah akan menjadi padat. Jika ada kebocoran di tangki Anda, air yang keluar dari kebocoran tersebut dapat menyebabkan tanah di sekitarnya mengendap dan akibatnya terjatuh. Hal ini sangat mungkin terjadi jika area di sekitar septic tank Anda terdiri dari timbunan sampah yang dibuang ke sana setelah septic tank dimasukkan ke dalam lubang. Ketika tanah mengendap dan turun, hal ini memungkinkan air dari curah hujan dan alat penyiram terkumpul di sana.

Perlu diperhatikan bahwa bau busuk atau area basah tidak selalu berarti septic tank bocor atau rusak. Saluran pembuangan limbah yang menuju ke septic tank juga bisa menjadi sumber masalahnya. Saluran pembuangan ini biasanya diletakkan di dalam parit, dan jika saluran tersebut putus, parit tersebut mungkin memungkinkan air limbah mengalir menuju tangki.

  1. Septic tank mundur atau lambat pengurasannya

Kejadian ini terkadang merupakan peringatan jika septic tank telah rusak. Terkadang akar pohon menghalangi dan merusak area aliran limbah keluar dari tangki. Pada kasus lain, hal ini disebabkan oleh runtuhnya penyekat, yang juga bisa menyebabkan penyumbatan dan menyebabkan masalah saluran pembuangan. Akibatnya saluran septic tank atau saluran pembuangan juga bisa tersumbat.

Pencadangan juga bisa disebabkan oleh tangki yang terlalu penuh dengan sampah dan lumpur. Biasanya perusahaan jasa sedot WC dan tukang yang memeriksa septic tank menggunakan “penilai lumpur” untuk membantu mengetahui berapa banyak lumpur, sampah, dan limbah yang ada di dalam septic tank. Jika sampah dan lumpur berjumlah lebih dari sepertiga volume keseluruhan tangki, hal ini bisa menyebabkan tangki rusak, dan kemungkinan besar septic tank perlu di kuras. idealnya minimal tiga tahun sekali septic tank harus disedot.

Itulah pembahasan mengenai cara mendeteksi kebocoran septic tank, jika memang septic tank di rumah Anda bocor maka segeralah untuk menguras limbah tinja dan memperbaiki septic tank yang bocor. Jika tidak segera diperbaiki limbah tinja bisa mencemari lingkungan sekitar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!