Pentingnya menutup pintu kamar mandi setelah selesai digunakan

Pentingnya menutup pintu kamar mandi setelah selesai digunakan

Berdasarkan pengetahuan Feng Shui, ruangan kamar mandi merupakan area negatif yang mempunyai aura kurang baik dibandingkan dengan ruangan di rumah yang lain. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kebersihan dan desain kamar mandi terbaik untuk mendukung kenyamanan pemilik rumah setiap hari. Salah satunya dengan mengetahui manfaat menutup pintu kamar mandi tersebut.

Banyak orang yang salah kaprah dengan keputusan membuka pintu kamar mandi lho! Padahal hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan seehingga sangat perlu untuk menutup pintu kamar mandi setelah selesai digunakan. Sebetulnya apa sih manfaatnya? Simak selangkapnya berikut ini.

Manfaat menutup pintu kamar mandi

Salah satu manfaat yang paling umum yaitu meminimalisir penyebaran bakteri dan virus penyebab penyakit menyebar ke ruangan yang lain. Penggunaan air yang berlebihan setiap hari bisa membuat area kamar mandi menjadi lembab dan kotor. Mengingat WC di rumah jarang terpasang kipas sehingga sirkulasi udara menjadi kurang baik.

Coba bayangkan kalau Anda memaksa membukanya setelah digunakan! Bakteri yang berasal dari WC atau toilet tidak akan kembali ke dalam ruangan kamar mandi. Bakteri dan bau busuk juga bisa bercampur dengan udara di ruangan lain.

Jika Anda sudah menerapkan semua tips memaksimalkan kebersihan, manfaat menutup pintu kamar mandi akan semakin mendukung kesehatan Anda sekeluarga.

Kesehatan Anda dan keluarga bisa saja terganggu karena kesalah pahaman ini! Jadi, Anda harus rajin menutup pintu kamar mandi setelah selesai digunakan untuk mencegah penyebaran bakteri atau penyakit.

Manfaat menutup pintu kamar mandi yang lain yaitu memberikan kenyamanan kepada tamu yang berkunjung kerumah Anda. Hal ini juga perlu Anda pertimbangkan jika mempunyai kamar mandi utama di luar kamar tidur. Apabila kamar mandi bersebelahan dengan ruang tamu atau dapur, tentu Anda pasti tidak ingin ada pemandangan kurang enak terlihat bukan.

Jika Anda mempunyai ruangan yang berukuran lebih luas dan uang yang cukup, Anda bisa membangun sekat antara tempat mandi dan toilet untuk mendukung kenyamanan aktivitas fisiologis. Selain itu juga, perhatikan pula tips menjaga kebersihan kamar mandi berikut.

Tips memaksimalkan kebersihan kamar mandi

Supaya Anda bisa memaksimalkan manfaat tips tersebut, sebaiknya usahakan untuk melakukan tips menjaga kebersihan kamar mandi yang lain. Apa saja tipsnya? Anda dilarang meletakkan peralatan sikat gigi, cuci muka atau berkumur di atas wastafel.

Hal ini berfungsi untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman yang melayang ke udara saat Anda menyiram air ke wastafel. Bakteri dan kuman akan menempel pada benda – benda yang Anda taruh di atas wastafel lho! Jadi, simpan perlengkapan Anda di rak yang rapi ya.

Selain itu, ada baiknya Anda selalu rutin membuang sampah yang berasal dari kamar mandi setiap hari. Sampah seperti tisu dan lain – lain mengandung bakteri yang akan tercampur ke udara di dalam kamar mandi. Anda bisa menggunakan tong sampah yang tertutup untuk meminimalisir bakteri terpapar ke udara kamar mandi.

Letakkan juga detergen atau disinfektan yang mengandung bahan kimia di dekat ventilasi udara. Usahakan juga ventilasi udara kamar mandi selalu terbuka ketika Anda menutupnya ya! Sirkulasi udara yang bagus akan mendukung kamar mandi selalu dalam kondisi kering atau tidak lembab berlebihan.

Apabila Anda sudah menerapkan semua tips tersebut, jangan lupakan untuk menutup pintu kamar mandi setelah selesai digunakan. Semoga bermanfaat ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!